TOPIK TERPOPULER

Ngabuburit, Pemuda Muhammadiyah Tana Toraja Tanam Pohon di Mapongka

Marhawanti Sehe
Ngabuburit, Pemuda Muhammadiyah Tana Toraja Tanam Pohon di Mapongka
Pemuda Muhammadiyah Tana Toraja melakukan penanaman pohon di hutan Mapongka, Minggu 25 April. Foto: Istimewa

TANA TORAJA - Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Pemuda Muhammadiyah Tana Toraja punya cara sendiri menghabiskan waktu menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit, yaitu dengan melakukan penanaman bibit pohon.

Seperti yang dilakukan pada Minggu 25 April lalu. Mereka menanam berbagai jenis bibit pohon di kawasan Gunung Mapongka, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja.

Baca juga: Ngabuburit Ala Komunitas Ngaji Bareng di Masjid Al Akbar Surabaya

Aktivis Pemuda Muhammadiyah, Muhammad Parinding mengatakan, bulan suci Ramadhan adalah bulan ibadah, di mana semua kegiatan yang baik akan bernilai ibadah. "Menjaga alam melalui penanaman pohon juga salah satu perintah penting dalam agama dan dicatat sebagai amal jariyah," katanya.

Aktivitas Pemuda Muhammadiyah lainnya, Basrul Haq mengatakan, organisasi Pemuda Muhammadiyah berkomitmen untuk menjaga hutan agar menjadi hijau kembali.



Baca juga: Fathrah Masum, Ngabuburit di Antara Meja-meja Biliar

"Kami tidak hanya menanam lalu meninggalkannnnya tapi kami akan lakukan monitoring secara berkala, sehingga niat kita untuk menghijaukan Mapongka bisa maksimal," ujarnya.

Dia menjelaskan, pohon ekaliptus merupakan jenis yang diprioritaskan untuk ditanam. Meski demikian, sebelumnya Pemuda Muhammadiyah juga sudah melakukan penanaman pohon jenis nato, bitti, uru, asam bayam jawa dan buangin.

"Prioritas memang ekaliptus karena paling bagus pertumbuhannya, jenis pohon yang lain juga sebelumnya sudah tapi pertumbuhan sangat lambat dan kerdil," sebutnya.

Baca juga: Menanti Berbuka Sambil Berlatih Tarian Sufi di Pesantren



Menurutnya, jenis tanah Gunung Mapongka memang tidak seperti jenis tanah kebanyakan yang ada di Tana Toraja. Di Mapongka didominasi tanah berpasir dan batu, sehingga tidak semua jenis pohon bisa tumbuh di sana.

Sebagai informasi, pada bulan Maret lalu, tiga hari setelah kedatangan Presiden Joko Widodo dalam rangka peresmian bandara dan pemantauan vaksinasi massal, Pemuda Muhammadiyah langsung bergerak menanam pohon, sesuai permintaan presiden terkait Gunung Mapongka yang harus dihijaukan.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!