alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jangan Suka Pendam Emosi, Bisa Picu Penyakit Mematikan Ini

M. Andi Yusri
Jangan Suka Pendam Emosi, Bisa Picu Penyakit Mematikan Ini
Beberapa orang kerap memendam emosi dan tidak langsung mengeluarkannya ketika marah. Mereka cenderung diam terkesan mengabaikan persoalan tersebut. Foto : Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Beberapa orang kerap memendam emosi dan tidak langsung mengeluarkannya ketika marah. Mereka cenderung diam terkesan mengabaikan persoalan tersebut.

Padahal memendam emosi cukup berbahaya bagi kesehatan terutama apabila dilakukan dalam waktu yang lama dan berulang-ulang.

Seperti dlansir dari berbagai sumber menyebut ahli Department Psikiatri Pittsburgh University, Karen Jakubowski,Ph.D menemukan memendam emosi dapat meningkatkan risiko penumpukan plak yang merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular dan depresi.



Hasil ini berdasarkan penyataan peserta wanita mengenai seberapa sering mereka marah. Pencitraan USG juga digunakan untuk mengukur plak karotid. Dan hsilnya menunjukkan bahwa ekspresi sosial-emosional wanita mungkin relevan dengan kesehatan kardiovaskular mereka.

Sementara itu Direktur Medis NAMS, Dr Stephanie Faubion, menilai bahwa penelitian ini sangat penting karena wanita perlu memahami jika emosi mereka bisa mempengaruhi kesehatan fisik.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook