Pemkab Lutra Akan Lakukan Pengangkatan Sedimen Sisa Banjir Bandang di 3 Sungai

Rabu, 28 April 2021 - 20:00 WIB
loading...
Pemkab Lutra Akan Lakukan Pengangkatan Sedimen Sisa Banjir Bandang di 3 Sungai
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Foto: Humas Pemkab Luwu Utara
A A A
LUWU UTARA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara (Lutra) akan fokus pada kegiatan recovery infrastruktur pascabanjir bandang , khususnya dalam Kota Masamba dan Desa Radda,Kecamatan Baebunta.

Pemkab Lutra akan menggandeng Kementerian Pekerjaan PUPR dan Perumahan Rakyat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang.



Kegiatan yang diusulkan adalah pengangkatan sedimen, pembuatan tanggul permanen, dan pembuatan sabo DAM di Sungai Masamba, Radda dan Rongkong.

“Ada beberapa kegiatan recovery infrastruktur yang kita usul tahun ini, di antaranya adalah pengangkatan sedimen, pembuatan tanggul permanen dan pembuatan sabo DAM di Sungai Masamba, Radda dan Rongkong,” ungkap Bupati Lutra, Indah Putri Indriani , Selasa (27/4).

Terkait pengangkatan sedimen di tiga sungai besar kata dia tidaklah mudah, karena karakteristik dan jumlah sedimen yang luar biasa besar.



Berdasarkan hasil identifikasi dari Lembaga Kajian Kebencanaan Unhas disebutkan, total estimasi sedimentasi banjir bandang di tiga sungai itu sebesar 222.476.966 m³. Rinciannya adalah Sungai Rongkong 136.838.603 m³, Sungai Masamba 55.131.761,29 m³, dan Sungai Radda 9.141.608 m³.

“Jadi, bisa kita bayangkan betapa dahsyatnya bencana banjir bandang yang terjadi beberapa waktu yang lalu tersebut,” imbuh Indah.

Bupati Lutra dua periode ini juga mengungkapkan bahwa selain recovery infrastruktur di tiga sungai tadi, pemerintah juga akan mempercepat proses pemulihan infrastruktur dalam Kota Masamba.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1522 seconds (0.1#10.140)