TOPIK TERPOPULER

375 Calon Kepala Desa di Wajo Ikuti Ujian Tulis

M Reza Pahlevi
375 Calon Kepala Desa di Wajo Ikuti Ujian Tulis
Bupati Wajo, Amran Mahmud (kiri) memantau jalannya tes tertulis calon kepala desa yang di SMA Negeri 3 Kabupaten Wajo, Rabu (28/4). Foto: SINDOnews/Reza Pahlevi

WAJO - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wajo menyelenggarakan ujian tertulis bagi bakal calon kepala desa. Tes dilakukan di SMA Negeri 3 Kabupaten Wajo, Rabu (28/4).

Sebanyak 375 bakal calon kepala desa dari 103 desa mengikuti ujian tertulis sebagai salah satu syarat maju di pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun 2021 ini. Jika gagal tahap ini, peserta otomatis gugur.

Baca juga: Pemkab Wajo Tetapkan Nilai Zakat Fitrah 2021

Bupati Wajo, Amran Mahmud, hadir langsung memantau dan memastikan jalannya ujian tersebut. Menurut Amran, tes tertulis akan menguji pengetahuan umum peserta. Dalam tes itu, peserta juga bakal diuji ihwal peraturan kedesaan.

"Saya sarankan baca dan pelajari Undang-Undang Desa. Dalam ujian ini panitia seleksi tentunya menggali potensi masing-masing calon. Agar, benar-benar siap menjadi pemimpin di setiap desa," ujar Bupati kepada SINDOnews.



Saat melakukan pemantauan jalannya ujian, Amran sesekali menanyakan keadaan peserta dan bercanda mencairkan suasana.

Pelaksanaan tes tertulis bakal calon kepala desa juga cukup kondusif. Para peserta tampak cukup tenang menjawab soal yang diberikan. Amran pun berharap seluruh tahapan pilkades serentak berjalan lancar dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Baca juga: Warga Desa Watang Rumpia Wajo Protes Kehadiran Menara Telekomunikasi

"Saya sangat bersyukur. Meski dalam pandemi Covid-19 pelaksanaan tes berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Andi Liliyannah mengatakan, setelah mengikuti tes ini, bakal calon kepala desa akan memasuki tahap wawancara oleh tim panitia seleksi, verifikasi kelengkapan dan keabsahan administrasi.



"Saya yakin para calon kades ini tentunya ingin memberikan yang terbaik bagi desanya. Akan tetapi, perlu diingat untuk menjadi kepala desa ada mekanismenya salah satunya melalui seleksi pemilihan kepala desa ini," katanya.

Ia mengimbau seluruh bakal calon kepala desa untuk ikut membantu menjaga kegiatan seleksi dengan lancar dan tertib dengan harapan dapat memberikan hasil yang maksimal.

Baca juga: Tertinggi di Sulsel, Kabupaten Wajo Raih Penghargaan SAKIP dan RB.

Upaya Pemkab Wajo mencegah penyebaran Covid-19 harus tetap dipatuhi seluruh peserta seleksi, sekaligus meminta mereka turut membantu pemkab dalam menjaga suasana agar tetap kondusif.

"Saya meminta kepada para bakal calon kepala desa untuk dapat menerima dengan jiwa yang besar apa pun hasil keputusan yang diberikan dari tim seleksi. Saya juga minta tim seleksi dapat bekerja dengan maksimal dan menjaga netralitas," tandasnya.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!