alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dukung Karya Montir Perakit Pesawat, Gubernur Sulsel Beri Bantuan Mesin

Tri Yari Kurniawan
Dukung Karya Montir Perakit Pesawat, Gubernur Sulsel Beri Bantuan Mesin
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat bertemu dengan Haerul pemuda Pinrang yang sukses merakit pesawat ultralight. Foto/Humas Pemprov Sulsel

MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, membuktikan apresiasi dan kepeduliannya terhadap pemuda inovatif. Orang nomor satu di Sulsel ini mengaku akan memberikan bantuan mesin kepada Haerul (34), montir lulusan SD asal Kabupaten Pinrang yang sukses merakit dan menerbangkan pesawat ultralight.

Dalam pertemuannya dengan Haerul, Jumat (17/1/2020) kemarin, Gubernur Nurdin sudah menanyakan langsung kebutuhan pemuda yang kini viral berkat karyanya tersebut. Haerul meminta mesin merek Yamaha 1.000 CC untuk pengembangan pesawat ultralightnya. (Baca Juga: Pesawat Rakitannya Mau Dibeli, Montir Pinrang: Lebih Baik Dimuseumkan)

Diketahui pesawat rakitan Haerul rata-rata menggunakan barang-barang bekas. Hanya mesin yang dibelinya baru. Itu pun menggunakan mesin sepeda motor Kawasaki Ninja 150 CC. Olehnya itu, demi pengembangan karya Haerul, Gubernur Nurdin siap memenuhi permintaan mesin 1.000 CC.



“Ok kita akan belikan mesin (Yamaha 1.000 CC), satu cukup ya, yang 1.000 CC,” kata mantan Bupati Bantaeng tersebut, dikutip dari laman resmi Pemprov Sulsel, Sabtu (18/1/2020). (Baca Juga: Bisa Terbang! Pesawat Rakitan Lulusan SD Cuma Habiskan Rp35 Juta)

Tak berhenti pada bantuan mesin, Gubernur Nurdin bahkan memfasilitasi Haerul, jika ingin melanjutkan pendidikan di bidang pembuatan pesawat terbang. Dengan begitu, kemampuan dan pemahaman pemuda asal Pinrang itu bisa lebih baik lagi terkait pesawat.

Haerul diketahui hanya lulusan SD. Ia belajar merakit pesawat ultralight secara otodidak. Hanya berbekal tutorial YouTube ditambah keuletan dan kemampuan dasarnya sebagai montir, Haerul akhirnya berhasil membuat dan menerbangkan pesawat rakitannya. (Baca Juga: Montir Lulusan SD Perakit Pesawat Asal Pinrang Diundang KSAU ke Jakarta)

“Kalau mau kita akan sekolahkan juga nanti, ya. Karena ini tidak bisa dikira-kira, harus ada kepastian, karena ini di udara,” tandasnya.



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook