alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Puluhan Tentara Yaman Tewas pada Serangan yang Dilakukan Houthi

Agus Nyomba
Puluhan Tentara Yaman Tewas pada Serangan yang Dilakukan Houthi
Militan Houthi menggempur pangkalan pelatihan militer di kota Marib Yaman. Foto: Ilustrasi

SAUDI - Puluhan prajurit Yaman dilaporkan tewas, setelah Houthi menggempur pangkalan pelatihan militer di kota Marib Yaman pada hari Sabtu.

Diketahui Yaman selama bertahun-tahun berada dalam konflik bersenjata antara pasukan pemerintah yang dipimpin oleh Presiden di pengasingan Abd Rabbuh Mansur Hadi dan faksi oposisi Houthi yang bersenjata.

Meskipun perjanjian damai ditandatangani di Stockholm pada 2018, ketegangan dilaporkan meningkat dalam beberapa bulan terakhir.



Menurut media yang berbasis di Saudi melaporkan Yaman Houthi menggempur pangkalan pelatihan militer di kota Marib Yaman pada hari Sabtu dengan rudal, menewaskan sedikitnya 30 prajurit.

Menurut sumber militer setempat, serangan itu menewaskan 24 tentara dan melukai 20 lainnya.

"Dua puluh empat tentara tewas, 20 lainnya luka-luka dalam serangan rudal ke barak bagi para wajib militer di daerah al-Milah di barat laut provinsi Marib. Rudal itu kemungkinan adalah balistik", kata sumber itu dilansir dari laman Sputnik, Minggu, (18/01/2020).

Houthi belum mengklaim bertanggung jawab atau mengkonfirmasi dugaan tersebut.

Awal bulan ini, Houthi dilaporkan meluncurkan rudal balistik di pangkalan militer koalisi yang dipimpin Saudi yang berlokasi di provinsi Dhalea selatan, menewaskan 10 tentara.

Koalisi yang dipimpin Saudi telah melakukan serangan udara terhadap Houthi, atas permintaan Hadi, sejak Maret 2015.

Konflik di Yaman, negara termiskin di Timur Tengah, telah digambarkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai krisis kemanusiaan berkelanjutan terburuk di dunia, dengan hampir 80 persen dari populasi 24 juta saat ini membutuhkan bantuan dan perlindungan.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook