alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Menyibak Keajaiban Allah SWT Bekerja, dalam Surah Al Kahfi

Sri S Syam
Menyibak Keajaiban Allah SWT Bekerja, dalam Surah Al Kahfi
Apakah kamu tahu tahu apa saja kisah dalam Surah Al Kahfi? Surat Al Kahfi disunnahkan untuk dibaca setiap malam Jumat atau hari Jumat hingga tiba waktu ashar. Foto : Istimewa

MAKASSAR - Apakah kamu tahu tahu apa saja kisah dalam Surah Al Kahfi? Surat Al Kahfi disunnahkan untuk dibaca setiap malam Jumat atau hari Jumat hingga tiba waktu ashar. Siapa yg membaca Surah Al Kahfi setiap Jumat, maka Ia disinari cahaya di antara dua Jumat, dan terlindungi dari cobaan Dajjal.

Surah ini memang mengandung banyak makna dan hikmah terutama tentang bagaimana keajaiban Allah SWT itu bekerja. Cerita di dalamnya ada empat kisah, yaitu tentang 7 Pemuda Gua/ Seven Sleepers yang diberi nama Ashabul Kahfi, kisah Dua Pemilik Kebun (Pemuda yg masuk Surga dan Pemuda yg masuk Neraka), kisah Nabi Musa dan Khidir, serta kisah Dzulkarnain dan Yajuj Majuj.

SINDOnews memulai dengan Kisah 7 Pemuda Gua. Kisah ini sedang berlangsung saat periode Nabi Isa Al Masih, Ia memberitakan bahwa ada manusia yg masih hidup selama ratusan tahun tidak mati, dan akan hidup kembali dan mati dalam gua



Tujuh Pemuda Gua ini sendiri tetap berada dalam gua dan Allah matikan seketika itu, karena mereka sepakat tidak mau dijadikan Dewa atau Tuhan baru di kota Aphesus, seperti kejadian-kejadian di zaman Nabi Nuh, dan lainnya.

Sebelum memilih di dalam gua, salah satu pemuda sempat keluar untuk membeli makanan dengan 3 dirham, tapi zaman sudah berubah, era sudah berubah. Mereka lalu dipertemukan dengan raja setempat, sehingga akhirnya warga ingin melihat 7 pemuda gua itu yang telah mereka pelajari dari kitab. Memang setelah periode Nabi Isa Al Masih berakhir diangkat ke langit, kisah 7 pemuda gua ini menjadi nyata.

Baca : Rezeki Terhalang karena Banyaknya Dosa, Obatnya Istigfar dan Bertobat

Memperhatikan dan mempelajari kisah Ashabul Kahfi yang tertulis dalam Al Quran, episode demi episode, maka kita akan dapat melihat dan menyelami bagaimana keajaiban Allah SWT, bekerja kepada sekelompok pemuda sholeh, yang karena kesholehannya itu maka Allah memberikan anugerah berupa keajaiban bagi sekelompok pemuda ini.

Pertama, mereka Allah arahkan untuk memasuki sebuah gua. Kemudian beristirahat di sana hingga tertidur. Lantas ketika terbangun, mereka merasa dan mengira hanya tertidur sepanjang hari saja. Sebagaimana Allah jelaskan dalam surat Al-Kahfi ayat 19 yang berbunyi :

“Dan demikianlah Kami bangunkan mereka agar mereka saling bertanya di antara mereka sendiri. Berkatalah salah seorangnya, “Sudah berapa lamakah kamu berada di sini?” Mereka menjawab, “Kita di sini sehari atau setengah hari.” Berkata yang lain, “Tuhan kamu lebih mengetahui berapa lamanya kamu berada.” (QS. Al-Kahfi : 19).

Ayat tersebut di atas menjelaskan sekaligus sebagai bukti bahwa para pemuda itu hanya merasakan tidur sebentar saja, tidak terlalu lama. Padahal pada kenyataanya, mereka telah Allah tidurkan selama ratusan tahun, yaitu lebih dari 300 tahun, tanpa sedikitpun mereka rasakan. Tidak pula terjadi perubahan pada fisik mereka, akibat tertidur dalam jangka waktu selama itu.

Rupanya keajaiban Allah telah bekerja tanpa mereka ketahui. Hikmah rahasia surat Al Kahfi inilah yang menjadi salah satu pelajaran yang terkandung dalam kisah para pemuda sholeh tersebut, dan diabadikan dalam Al-Quran, Taurat, Injil.

Ciri khas dari agama Ilahi adalah ada keterkaitan antara satu kitab dengan yang lain, ada berita kedatangan Kenabian dari satu Nabi ke Nabi yang baru. The Seven Sleepers ini menandakan sebuah Mukjizat bahwa dengan kemauan Tuhan, manusia bisa hidup atau mati kapan pun Allah inginkan. Dan menjadi salah satu tanda mukjizat pada zaman Nabi Isa a.s. (bersambung)

Baca Juga :Tidak Membayar Zakat Diancam Perang, Tunaikanlah Sebelum Terlambat



(sri)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak