alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Pendaftaran Kartu Pra Kerja Dibuka Kembali Usai Lebaran

Syachrul Arsyad
Pendaftaran Kartu Pra Kerja Dibuka Kembali Usai Lebaran
endaftaran kartu prakerja masih berlangsung. Hanya saja untuk tahapan berikutnya, baru akan kembali dimulai setelah hari lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah. Foto : SINDOnews/Ilustrasi

MAKASSAR - Pendaftaran kartu pra kerja masih berlangsung. Hanya saja untuk tahapan berikutnya, baru akan kembali dimulai setelah hari lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah.

Koordinator Fungsional Pengantar Kerja Disnakertrans Sulsel, Syamsi Alang mengatakan, pendaftaran kartu prakerja sudah memasuki gelombang keempat. Tahapan yang seharusnya mulai dibuka pekan lalu.

Hanya saja, lanjut dia, pelaksanaan pendaftaran gelombang keempat ditunda pemerintah pusat. "Pendaftaran kartu prakerja gelombang keempat ditunda," beber Syamsi yang dihubungi SINDOnews.



"Rencananya baru akan dibuka kembali setelah lebaran. Buka rencana tanggal 26 Mei 2020," sambung dia.

Baca : 15.625 Warga Sulsel Lulus Kartu Pra Kerja dan Berhak Dapat Insentif

Sementara total pendaftar yang lulus kartu prakerja di Sulsel hingga saat ini sudah mencapai 15.625 orang. Itupun baru untuk dua tahap pendaftaran. Dengan rincian 5.703 orang yang lulus pada tahap pertama, dan 9.922 pada gelombang kedua.

Lalu pengumuman kelulusan tahap selanjutnya belum diumumkan pemerintah pusat. Namun, Syamsi menyebut, hingga saat ini total kelulusan kartu prakerja tergolong banyak di Sulsel.

"Sulsel urutan keenam terbanyak lulus gelombang satu dan dua. Dan Sulsel terbanyak lulus kartu prakerja gelombang satu dan dua di luar Pulau Jawa" papar Syamsi.

Sebelumnya Kepala Disnakertrans Sulsel, Andi Darmawan Bintang menuturkan, pendaftaran akan terus dibuka sampai kuota terpenuhi. Khusus Sulsel, kuota penerima kartu prakerja yang diberikan pusat sebanyak 158.936 orang.

Sulsel termasuk provinsi keenam tertinggi di Indonesia yang mendapat alokasi terbesar lewat bantuan ini. "Sulsel terbesar keenam di luar Pulau Jawa. Paling tinggi kan DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, dan Sumatera Utara," paparnya.

Makanya Wawan menyebut, peluang lolos mendapat bantuan kartu prakerja masih besar bagi warga Sulsel. Pendaftaran sudah memasuki tahap kelima, meski pengumuman kelulusan baru sampai pada tahap dua.

"Iya, peluang mendapat bantuan masih besar. Kuota Sulsel 158.000 lebih. Pendaftarannya berlangsung terus sampai kuota terpenuhi," sambung Wawan.

Diketahui, mereka yang menerima kartu pra kerja ini para pekerja yang terdampak di perusahaan, baik mereka yang kena PHK, ataupun yang dirumahkan namun belum mendapat upah. Termasuk pekerja harian yang usahanya terdampak.

Syarat umum lainnya, WNI berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Pendaftaran dilakukan secara mandiri melalui melalui portal resmi prakerja.go.id.

Mereka yang lolos, akan mendapat insentif total senilai Rp3.550.000. Dengan rincian, bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif usai pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan (untuk 4 bulan), insentif survei Rp50.000 per survei (3 kali survei) atau total Rp150.000 per peserta. 

Baca Juga : Kuota Kartu Pra Kerja Sulsel 158.936 Orang, Yuk Jangan Bosan Daftar



(sri)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak