alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

75 Napi Paraguay Kabur Lewat Terowongan, Brasil Tutup Perbatasan

Agus Nyomba
75 Napi Paraguay Kabur Lewat Terowongan, Brasil Tutup Perbatasan
75 Narapidana Paraguay kabur dari penjara. Foto: Ilustrasi

BRASILIA - Pihak berwenang Brasil dilaporkan bakal menutup sementara operasi penyeberangan perbatasan dengan Paraguay sekitar 75 penjahat yang dihukum melakukan pemenjaraan besar-besaran kabur pada, Minggu, (19/01/2020).

Setidaknya 75 narapidana dikatakan telah menggunakan terowongan gali, yang memungkinkan mereka untuk melarikan diri tanpa hambatan dari penjara Paraguay di kota Pedro Juan Caballero - sebuah penjebolan yang berani yang dilaporkan oleh para pejabat lokal telah diketahui sebelumnya.

Menteri Kehakiman Paraguay Cecilia Perez mengatakan, bahwa direktur penjara, serta enam pejabat lain dari administrasi penjara, telah dipecat.



"Ini adalah operasi yang memakan waktu berhari-hari dan tidak mungkin para pejabat itu tidak menyadari bahwa mereka pergi. Jelas ini adalah rencana berbayar," kata Perez, dikutip oleh Reuters.

Otoritas Paraguay memperingatkan Brasil atas insiden itu. Para penjahat yang melarikan diri - di antaranya adalah anggota geng terkuat Brasil 'First Capital Command (PCC)' - dikatakan bersembunyi di Paraguay, menurut laporan media.

"Di daerah itu, ada banyak hutan dan mereka tahu wilayah ini adalah orang-orang yang sangat berbahaya", kata Jaksa Agung Paraguay Sandra Quinonez.

Wilayah perbatasan antara Brasil dan Paraguay dilaporkan dianggap sebagai daerah transit terkenal untuk perdagangan narkoba, dan dikatakan secara aktif dieksploitasi oleh geng kriminal seperti PCC dan lainnya.

Menteri Kehakiman Brasil Sergio Moro dalam tweetednya mengatakan bahwa, dia siap membantu Paraguay menangkap kembali para tahanan yang melarikan diri.

"Jika mereka kembali ke Brasil, mereka akan mendapatkan tiket satu arah ke penjara federal," katanya dalam twitter.

Otoritas Brasil telah memperkuat keamanan di kota-kota utama di dekat area pelarian.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook