alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ambulans Laut Sulsel Bakal Diserahkan Serentak ke Daerah

Syachrul Arsyad
Ambulans Laut Sulsel Bakal Diserahkan Serentak ke Daerah
Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, akan menyerahkan ambulans laut ke sejumlah daerah secara serentak. Foto: Sindonews/dok

MAKASSAR - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulsel, telah menerima permohonan pengajuan bantuan ambulans laut dari tiap daerah di Sulsel yang bakal menerima hibah fasilitas layanan kesehatan tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Dinkes Sulsel, Bachtiar Baso mengatakan, dari lima kabupaten/kota di Sulsel yang ditarget menerima bantuan ambulans laut, Kota Makassar juga sudah mengajukan permohonan tersebut. Termasuk empat daerah lainnya.

"Pengajuan permintaannya sudah ada dari Sinjai, Selayar, Luwu Timur, Pangkep dan Makassar," sebut Bachtiar yang dikonfirmasi.



Diketahui, Dinkes Sulsel telah mengadakan 5 unit ambulans laut. Kelima armada tersebut dikatakan masih diparkir di Pelabuhan Paotere Makassar sebelum diserahkan ke daerah untuk dioperasikan.

Kelima ambulans tersebut ada dua tipe, ukuran besar dan kecil. Untuk armada yang besar, akan diperuntukkan di wilayah Kepulauan Selayar. Sementara ambulans laut ukuran kecil, untuk Kota Makassar, Sinjai, di Luwu Timur, dan tambahan lagi untuk kabupaten Pangkep.

Kata Bachtiar, penyediaan anggaran operasional yang mumpuni menjadi salah satu persyaratan Pemprov Sulsel sebelum ambulans tersebut dihibahkan. Dia tak ingin, ke depan fasilitas pelayanan kesehatan ini tidak dimaksimalkan, jika pemerintah daerah sendiri tidak siap.

Anggaran operasional yang dia maksud seperti biaya pemeliharaan ambulans laut, termasuk menggaji tenaga medis ditempatkan di ambulans itu. Dia ingin, penempatan orang-orang di ambulans laut dan akan mengoperasikannya, dari tenaga-tenaga berkompeten.

Untuk penyerahannya ke kabupaten/kota, belum dijadwalkan. Kata Bachtiar, pihaknya masih menunggu instruksi dari Gubernur Sulsel untuk tindak lanjut proses hibahnya ke daerah penerima yang sudah ditentukan sebelumnya.

"Saya sudah lapor ke pak gubernur, nanti rencana akan diserahkan serentak bersama beberapa kabupaten/kota di Sulsel yang disetujui permintaannya," tukas Bachtiar.

Sebelumnya, pengadaan lima ambulans laut ini menelan anggaran sebesar Rp6,4 miliar yang bersumber dari APBD 2019, termasuk penyediaan alat kesehatan di dalamnya. Pada tahun sebelumnya, sudah diadakan satu unit yang diserahkan ke Pemkab Pangkep.

Sementara Kepala Dinkes Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin menambahkan, pihaknya sisa menunggu penyerahan ambulans laut dari Pemprov Sulsel. Dia harap, usulan permintaan Pemkot Makassar bisa disetujui.

"Iya sudah kita usulkan. Nanti kita tunggu saja. Pastilah semua kabupaten/kota juga mengusulkan yang punya pulau. Mudah-mudahan Kota Makassar bisa dapat," jelas Naisyah.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook