alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Terserang DBD, 4 Warga Makale Dilarikan ke Rumah Sakit

Joni Lembang
Terserang DBD, 4 Warga Makale Dilarikan ke Rumah Sakit
Dinas Kesehatan Tana Toraja kini mulai gencar melakukan fogging di rumah warga untuk mengantisipasi penyakit DBD. Foto: Sindonews/Joni Lembang

TORAJA - Penyakit demam berdarah dengue (DBD), kini mulai menyerang masyarakat di Kabupaten Tana Toraja.

"Kasus DBD mulai terjadi di Tana Toraja. Sudah ada empat warga di kecamatan Makale positif menderita DBD," ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Tana Toraja, dr Rudhy Andilolo saat memimpin langsung kegiatan fogging di Makale, Senin(20/1/2020).

Dia mengatakan, keempat penderita DBD itu berdomisili di Kecamatan Makale. Semuanya sudah mendapatkan penanganan dari petugas kesehatan. Saat ini, kondisi pasien sudah mulai membaik.



"Saat dibawa ke rumah sakit, kondisi pasien sangat lemah. Setelah ditangani petugas kesehatan, kondisi pasien mulai membaik," jelasnya.

Salah satu faktor penularan DBD di Tana Toraja disebabkan pergantian musim kemarau ke musim hujan. Selama musim hujan, banyak terdapat genangan air yang berpotensi menjadi tempat nyamuk DBD bersarang dan berkembang biak.

Seluruh masyarakat pun dihimbau agar bisa melakukan gerakan 3M. Yaitu, menguras tempat-tempat yang dapat menampung air hujan, menutup rapat-rapat tempat air dan memanfaatkan kembali atau mandaur ulang barang bekas yang memiliki potensi pengembangbiakan nyamuk.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook