Waspadai Oknum Juru Parkir Liar di Tempat Keramaian

Jum'at, 30 April 2021 - 07:40 WIB
loading...
Waspadai Oknum Juru Parkir Liar di Tempat Keramaian
Juru parkir liar di Kota Makassar masih sulit teratasi, keberadaannya kian menjamur. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Juru parkir liar di Kota Makassar masih sulit teratasi, keberadaannya kian menjamur. Mereka menyasar tempat-tempat keramaian tanpa dilengkapi atribut juru parkir (Jukir) resmi.

Hal itu cukup meresahkan, bahkan beberapa laporan masyarakat menyebutkan bahwa jukir liar tersebut memungut iuran dengan harga tak masuk akal tanpa memberikan jaminan karcis parkir.

Salah satu daerah yang sempat mendapat atensi PD Parkir dan pihak kepolisian adalah Pasar Sentral Makassar. Beberapa jukir liar dilaporkan memberlakukan tarif parkir seenaknya hingga Rp20.000 tanpa memberikan karcis. Hal itu kemudian viral lewat bukti video.

PD Parkir Makassar Raya membeberkan, oknum tersebut sengaja tidak menawarkan karcis. Selain itu, dari hasil temuan di lapangan, beberapa oknum resmi bahkan mengajak rekannya (jukir bantu/liar) untuk ikut melakukan pungutan.

"Ini mi yang viral kemarin salah satu jukir (bantu) yang di bawahi oleh jukir (resmi) bernama Daeng Gassing sebagai bosnya, ternyata kita konfirmasi ke TKP mereka menganggap itu bukan orang saya," ujar Direktur Utama PD Parkir Makassar Raya, Irhamsyah Gaffar.



Dari hasil pemantauan, beberapa jukir juga ada yang kedapatan melakukan pugutan padahal atribut yang digunakan berasal dari Perumda Pasar .

"Jadi kita keliling memang di Pasar Sentral ini dan banyak kita temukan persoalan yang sifatnya administrasi, ada beberapa yang kita temukan juga ID-nya PD Parkir sementara karcisnya dari PD Pasar," ujarnya.

Semrawutnya perparkiran tersebut dipastikan akan dievaluasi. Kata dia, tak hanya merugikan masyarakat, retribusi yang masuk dan seharusnya menjadi PAD bagi Kota Makassar menjadi berkurang dengan minimnya karcis yang keluar yang notabene digunakan untuk mengukur jumlah iuran yang masuk.

"Dengan adanya temuan ini, kami mau sampaikan kepada rekan-rekan, kita tidak hanya hari ini (melalukan penindakan). Kami akan berjalan tiap hari mengontrol daerah-daerah di mana tempat pembludakan," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8310 seconds (0.1#10.140)