alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Cegah Otak Menjadi Tumpul dan Lemot, Ini 5 Cara Jitunya

Sri S Syam
Cegah Otak Menjadi Tumpul dan Lemot, Ini 5 Cara Jitunya
Kekurangan nutrisi penting di dalam tubuh bisa menyebabkan otak menjadi tumpul dan kemampuan kognitif menurun. Foto : Istimewa

MAKASSAR - Untuk mengaja otak tetap bekerja secara optimal, otak memerlukan cadangan tenaga 20 persen. Kekurangan nutrisi penting di dalam tubuh bisa menyebabkan otak menjadi tumpul dan kemampuan kognitif menurun.

Lalu bagaimana cara untuk mencegah otak menjadi tumpul, sejumlah cara mudah ini bisa membantu Anda.

1. Meningkatkan Aktivitas Mental
Pakar menyatakan bahwa aktivitas mental yang konstan bisa membuat otak tetap siaga. Agar otak dapat bekerja secara efisien, kamu bisa belajar keterampilan baru, mencari hobi baru atau belajar bahasa baru.



2. Tidur Nyenyak pada Malam Hari
Kurang tidur bisa menyebabkan menurunnya fungsi kognitif yang berujung hilangnya konsentrasi, pelupa, serta ketidakmampuan belajar. Tidur nyenyak selama enam hingga delapan jam setiap malam bisa membantu menyegarkanotak dalam tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Kesehatan jantung merupakan hal penting untuk menjaga fungsi otak. Masalah jantung seperti hipertensi bisa menurunkan aliran darah ke otak yang menyebabkan dirimu menua lebih cepat. Kondisi kronis seperti tekanan darah tinggi dan diabetes bisa meningkatkan resiko demensia.

4. Meditasi
Meditasi bisa membantu menurunkan stres dan mengatasi masalah yang berhubungan dengan stres. Hal ini juga bisa meningkatkan funsgi otak yang berhubungan dengan persepsi, ingatan dan perhatia.

5. Konsumsi Makanan yang Tepat dan Olahraga
Konsumsi makanan yang bisa meningkatkan ingatan, konsentrasi dan fokus yang kamu miliki. Selain makanan sehat, kamu juga harus berolahraga untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan fungsi otak.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook