alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kebiasaan Ini Sepele, Tapi Bisa Merusak Sperma dan Bikin Mandul

Sri S Syam
Kebiasaan Ini Sepele, Tapi Bisa Merusak Sperma dan Bikin Mandul
Sejumlah kebiasaan di bawah ini sebaiknya kamu hindari agar spermamu tetap berkualitas. Foto : Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Kamu tengah memprogramkan memiliki bayi? tentu sejumlah tindakan harus kamu lakukan agar cita-cita memiliki momongan juga cepat tercapai. Salah satunya menjaga kesehatan sperma. Sejumlah kebiasaan di bawah ini sebaiknya kamu hindari agar spermamu tetap berkualitas.

1. Memakai Celana Dalam yang Salah
Riset menemukan fakta, mereka yang memakai celana dalam siang dan malam beresiko 75 persen lebih tinggi mengalami kerusakan sperma dibanding mereka yang memakai boxer pada siang hari dan tidur telanjang pada malam hari.

2. Kurang Tidur
Kurang tidur dapat membuat sperma berkurang. Tidur kurang dari enam jam setiap malam bisa menurunkan kesehatan sperma hingga 30 persen. Tidurlah selama sembilan jam setiap hari, maka kesehatan sperma akan meningkat hingga 41 persen.



3. Terlalu dekat dengan Gadget
Riset di Inggris yang meninjau kembali 10 studi perihal radiasi menyimpulkan, radiasi ponsel dapat mempengaruhi perkembangan, fungsi, dan viabilitas sperma. Jangan menyimpan ponsel pada kantong celana, terutama pada kantong celana bagian depan.

4. Mengonsumsi Kafein
Sebuah penelitian dari Denmark menemukan fakta bahwa asupan kafein belebihan baik itu soda, kopi, atau minuman berenergi dapat menurunkan jumlah produksi sperma hingga 30 persen.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook