alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kodam Hasanuddin Kirim Satuan Tugas Teritorial ke Papua

Tri Yari Kurniawan
Kodam Hasanuddin Kirim Satuan Tugas Teritorial ke Papua
Kasdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Budi Sulistijono melepas Satgas Teritorial Kodam Hasanuddin ke Papua. Foto: Kodam XIV/Hasanuddin

MAKASSAR - Kodam XIV/Hasanuddin mengirim 70 personel terbaiknya yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Teritorial ke wilayah Papua, Senin (20/1/2020). Puluhan prajurit tersebut di-BKO (Bantuan Kendali Operasi) kan ke Kodam XVII/Cendrawasih (Papua) dan Kodam XVIII/Kasuari (Papua Barat).

Pelepasan Satgas Teritorial ke Papua dipimpin oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) XIV/Hasanuddin, Brigjen TNI Budi Sulistijono di ruang Bina Yudha II Makodam, Kota Makassar, Sulsel. Budi menyampaikan sejumlah amanat dari Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka.

Budi menjelaskan pelaksanaan Satgas BKO ini merupakan bagian dari upaya strategis pembangunan nasional di bidang pertahanan dengan memaksimalkan satuan-satuan teritorial. Prajurit yang bertugas pun diminta untuk senantiasa waspada mengingat geografis dan karakteristik Papua berbeda dengan Sulawesi.



Diketahui di Papua dalam beberapa tahun terakhir ini, ada Kelompok Kriminal Bersenjata Papua yang masih menunjukkan eksistensinya dengan melakukan propaganda, intimidasi dan sabotase. "Siapkan mental dan fisik serta selalu waspada dalam segala kondisi," ujar Budi membacakan amanat sambutan tertulis Pangdam, dilansir dari laman resmi Kodam Hasanuddin.

"Adakan koordinasi dengan pemerintah setempat dan laksanakan komunikasi sosial dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan hindari pelanggaran sekecil apapun yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga, masyarakat, serta mencoreng citra TNI secara keseluruhan," sambung dia.

Budi melanjutkan personel Kodam Hasanuddin yang dikirim ke Papua berjumlah 70 orang. Rinciannya yakni perwira 4 orang, bintara 49 orang dan tamtama 12 orang serta tenaga pendidik 5 orang. Mereka mendapatkan tugas untuk melaksanakan penebalan sebagai aparat teritorial yang ada di sana, baik Babinsa maupun Danramil.

"Tugasnya ini untuk mendukung tugas-tugas Danramil dan Babinsa yang ada di sana termasuk sebagai tenaga pendidik, membantu mengajar di SMP, SD, sekolah-sekolah yang ada di sana," tandasnya.



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook