alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kronologi Siswa SMP Buton Tertusuk Ikan Sori hingga Dirujuk ke Makassar

Faisal Mustafa
Kronologi Siswa SMP Buton Tertusuk Ikan Sori hingga Dirujuk ke Makassar
Muhammad Idul (16), siswa SMP di Buton yang tertusuk moncong ikan Sori sudah menjalani operasi di RSUD Wahidin Sudirohusodo Makassar. Foto/SINDOnews/Faisal Mustafa

MAKASSAR - Seorang siswa SMP di wilayah Buton, Sultra, dirujuk hingga ke Kota Makassar, Sulsel, karena luka parah di lehernya akibat tertusuk moncong ikan sori alias ikan marlin. Siswa malang itu bernama Muhammad Idul (16). Ia sudah menjalani operasi di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, Kota Makassar, Senin (20/1/2020).

Ayah Idul, Saharuddin (42), menceritakan kronologi terkait bagaimana anaknya bisa diserang ikan Sori saat sedang memancing di perairan Buron Selatan, Sabtu (18/1/2020) lalu. Kala itu, Idul pamit pergi memancing bersama rekannya bernama Sardi (16) menggunakan perahu.

Saharuddin tidak melarang lantaran putranya itu memang hobi memancing. Bahkan, sudah menjadi kebiasaan saat malam minggu tiba. Nahas, malam itu kejadian yang tidak diduga terjadi. Ikan Sori mendadak menyerang Idul saat sedang menyenter ke dasar laut.



Moncong ikan Sori itu pun lantas menancap di leher siswa kelas 2 SMP tersebut. "Kebetulan temannya itu ada senternya. Nah, saat itu ikan loncat-loncat dan mengenai anak saya. Bahkan, dia juga terbang (terjatuh) satu meter dari perahunya," ujar Saharuddin, Senin (20/1/2020).

Saat terjatuh dari perahu, tangan kanan Idul mencengkeram ikan Sori yang menancap di lehernya tersebut. Sementara satu tangan lainnya berayun agar bisa berenang di lautan.

Dibantu rekannya, Idul bisa kembali naik ke perahu menuju daratan. Di sana ada empat rekannya yang datang menolong. Idul lalu pulang ke rumahnya dengan berjalan kaki sembari memegang ikan Sori yang menancap di lehernya tersebut.

Saat itu, kata Saharuddin, Idul masih sadar dan berbicara perihal peristiwa yang menimpanya. "Dia sendiri yang pegang ikannya. Ikan sudah mati. Setelah itu baru dibawa ke rumah sakit," ujarnya.

Sebelum dirujuk Makassar, Idul sempat dirawat di Rumah Sakit Siloam Baubau. Di rumah sakit ini, dokter yang menangani memotong tubuh ikan tersebut hingga hanya menyisakan kepala, khususnya moncong yang menancap di leher Idul.

Namun karena keterbatasan alat, rumah sakit di Baubau tersebut menganjurkan agar pasien segera dirujuk ke Kota Makassar untuk dioperasi. "Jadi hari Minggu (19/1/2020) malam dengan naik pesawat saya bersama Idul dengan keluarga lain tiba di Makassar," ucap Saharuddin.

Hingga kini, Idul masih dirawat intensif di ruang UGD sampai kondisinya benar-benar pulih. Adapun semua biaya pengobatan Idul menggunakan BPJS Kesehatan.



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook