alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Susi Susanti Ditetapkan Sebagai Tersangka Korupsi Dana Desa Balo-Balo

Fitra Budin
Susi Susanti Ditetapkan Sebagai Tersangka Korupsi Dana Desa Balo-Balo
Susisusanti, eks bendahara Desa Balo-Balo ditetapkan sebagai tersangka oleh Cabjari Wotu, Lutim. Foto: SINDOnews/Fitra Budin

LUWU TIMUR - Eks Bendahara Desa Balo-Balo, Kecamatan Wotu, Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Susi Susanti, 26 tahun, ditetapkan sebagai tersangka kasus penyalahgunaan dana desa tahun anggaran 2017 sebesar Rp200 juta.

Kepala Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Wotu Kabupaten Lutim, Budi Utama menerangkan, penetapan tersangka Susi Susanti dilakukan setelah pihaknya mendapatkan tiga alat bukti.

"Itemnya yakni silpa tidak disetorkan, kemudian terdapat kegiatan yang lebih pembayarannya, dan terdapat pajak-pajak desa yang tidak disetorkan ke kas daerah dan negara," kata Budi, Selasa (21/1/2020).



Susi Susanti kata Budi akan dijeratkan pasal Primair Pasal 2 jo.Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999, sebagaimana diubah dan ditambahkan dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Subsidair Pasal 3 jo.Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999, sebagaimana diubah dan ditambahkan dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman hukuman maksimal 20 Tahun penjara.

"Pada tahap penyelidikan, Susi telah diberikan kesempatan untuk melakukan pengembalian selama 6 bulan, namun tidak ditindaklanjuti oleh Susi," ungkap Budi.

Selain itu, dijelaskan Budi, bahwa temuan Rp200 juta itu, terdiri dari kelebihan pembayaran pada kegiatan pengkerikilan sirtu tahun 2017 sebesar Rp50 juta, untuk silpa Rp80 juta, dan pajak Rp70 juta.

Susi Susanti menjadi Bendahara di Desa Balo-Balo sejak Tahun 2014 hingga 2019. Susi diketahui memiliki dua orang anak, sementara suaminya saat ini berada di luar daerah.




(man)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook