alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Harun Masiku Dikabarkan Sembunyi di Gowa, Ketua KPK Bilang Begini

Raka Dwi Novianto
Harun Masiku Dikabarkan Sembunyi di Gowa, Ketua KPK Bilang Begini
Ketua KPK Firli Bahuri menyatakan seluruh informasi tentang keberadaan Harun Masiku akan ditelusuri. Foto/Dok SINDOnews

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, angkat bicara ihwal kabar yang menyebutkan mantan caleg PDIP Harun Masiku sedang bersembunyi di rumah istrinya di Kabupaten Gowa, Sulsel. Menurut dia, seluruh informasi terkait tersangka kasus dugaan suap pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR RI itu akan ditelusuri dan dicek kebenarannya.

"Kita akan telusuri, kita akan terima apapun informasinya dan tentu akan kita lakukan kroscek atas kebenaran seluruh informasi," ujar Firli di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

Firli juga berharap kepada masyarakat dan semua pihak bilamana mengetahui keberadaan Harun untuk segera melaporkannya ke lembaga antikorupsi itu. "Yang pasti adalah kami sungguh-sungguh berharap sumbangsih informasi dari seluruh rekan-rekan, seluruh anak bangsa, bahwa negara ini harus bebas dari korupsi," jelasnya.



Selain itu, Firli pun kembali mengimbau Harun untuk segera menyerahkan diri. "Saya imbau kepada tersangka saudara HM (Harun Masiku) memberikan kontribusi untuk menyelesaikan persoalan ini karena sesungguhnya setiap orang harus bertanggung jawab atas perbuatannya. Orang per orang harus bertanggung jawab atas perbuatannya," tuturnya.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Harun Masiku sebagai buronan dan namanya masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Hal ini dilakukan karena Harun belum menyerahkan diri kepada KPK usai ditetapkan tersangka.

"(Harun DPO), Sudah sudah. Belum lama, saya tidak tahu persis tapi sudah, yang pasti sudah (DPO)," kata Firli.

Termasuk kabar ia sudah berada di Singapura dan sedang bersembunyi di rumah istrinya di Kabupaten Gowa, Sulsel. Namun, gerak cepat kepolisian itu belum membuahkan hasil.

Di lain pihak, kepolisian juga sudah bergerak ikut membantu pencarian Harun. Polisi bahkan sudah mengecek langsung informasi dugaan keberadaan Harun di Gowa. Hasilnya nihil, Harun tidak ditemukan berada di rumah istrinya di Gowa.

"Anggota Polri sudah ke rumah istrinya di Gowa tapi keberadaannya masih belum diketahui," kata Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (21/1/2020).

Polri disebutnya akan terus bergerak mencari keberadaan Harun Masiku yang dikabarkan sudah berada di Indonesia. Harun disebut meninggalkan Indonesia menuju ke Singapura, dua hari sebelum ditetapkan sebagai tersangka kasus yang menyeret eks Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, tepatnya tanggal 6 Januari 2020. Namun, belakangan dikabarkan Harun sudah berada di Indonesia pada 7 Januari.



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook