alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PT Pelindo IV Jelaskan Alasan Kenaikan Tarif Masuk Pelabuhan Ajatappareng

Darwiaty Dalle
PT Pelindo IV Jelaskan Alasan Kenaikan Tarif Masuk Pelabuhan Ajatappareng
Suasana bongkar muat di Pelabuhan Ajatappareng Kota Parepare yang diabadikan beberapa waktu yang lalu. Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle

PAREPARE - PT Pelindo IV Cabang Kota Parepare memastikan, kenaikan tarif pas masuk ke Pelabuhan Ajatappareng sudah sesuai dengan regulasi terbaru dari Kementerian Perhubungan.

Hal itu diungkap oleh General Manager PT Pelindo IV Cabang Kota Parepare, Muh Ilyas. Pernyataan Ilyas ini sekaligus menjawab sorotan yang dialamatkan kepada Pelindo IV atas kenaikan tarif masuk ke pelabuhan.

"Tarif masuk pelabuhan itu dari 2012 belum pernah mengalami penyesuaian. Sebenarnya, paling lama dua tahun harus ditinjau. Berdasarkan UU Kementerian Perhubungan PM 72 tahun 2017, bahwa untuk tarif pas tidak perlu meminta rekomendasi dari Kementerian," beber Ilyas, Selasa (21/1/2020).



Pelindo kata Ilyas, hanya melaporkan pemberlakuan tarif yang telah disepakati bersama dengan pengguna jasa.

Menyoal dampak yang ditimbulkan atas kebijakan kenaikan tarif tersebut, Ilyas berjanji akan melakukan sejumlah pembenahan demi memberikan kenyamanan kepada pengunjung.

“Kami akan benahi secara bertahap, mulai dari area parkir yang akan diperluas, pembuatan gazebo, ruang baca, ruang untuk lansia, menyusui, ruang anak dan sejumlah fasilitas lainnya. Insyaallah semuanya sudah bisa dinikmati pada 2020, tahun ini," ujar Ilyas.

Sementara itu, Manager Operasi dan Teknik PT Pelindo Cabang Parepare, Agus Sofyan menjelaskan, beberapa penambahan fasilitas tersebut, selain untuk memanjakan penumpang, juga untuk meningkatkan kualitas.

"Akan ada gazebo untuk pengantar dan penumpang, penambahan luas terminal, penambahan luas parkir, ruang baca, dan penerangan yang akan ditambah. Terlebih belakangan, pelabuhan Ajatappareng menjadi pelabuhan wisata, jadi kita berupaya bagaimana membuat kenyamanan para penumpang, dan bagaimana menarik kapal-kapal mancanegara untuk datang ke Parepare,” beber Agus.

Selain menambah fasilitas-fasilitas untuk kenyamanan penumpang, jelas Agus lagi, Pelindo juga akan menata lapak pedagang yang ada di dalam area parkir.

Saat ini menurut Agus, pihak pelabuhan juga membuat delapan lapak untuk pedagang sebelum dipindahkan ke tempat yang baru. Lapak juga akan dilengkapi fasilitas gazebo untuk para penumpang.

"Yang terealisasi saat ini, penambahan area parkir yang di dalam area pelabuhan, yang tadinya belum dipasang paving blok. Intinya, kita terus menambahkan fasilitas-fasilitas kenyamanan buat penumpang dan pengunjung,” tandasnya.



(man)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook