alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bawaslu Tana Toraja Panggil Balon Wabup Klarifikasi Dugaan Pelanggaran

Joni Lembang
Bawaslu Tana Toraja Panggil Balon Wabup Klarifikasi Dugaan Pelanggaran
Sosialisasi Pengawasan Partisipatif yang dilakukan Bawaslu Tana Toraja dalam rangka menghadapi pilkada 2020. Bawaslu Tana Toraja telah memanggil balon wabup untuk klarifikasi dugaan pelanggaran. Foto: Dokumen Bawaslu

TANA TORAJA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tana Toraja mengundang Rudhy Andilolo (RA), Aparatur Sipil Negara (ASN) aktif di lingkup Pemkab Tana Toraja untuk klarifikasi terkait adanya dugaan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Memang benar, hari ini, Selasa 21 Januari kami undang RA untuk klarifikasi terkait temuan Bawaslu Tana Toraja dugaan pelanggaran netralitas seorang ASN. Yang bersangkutan pun sudah datang ke Bawaslu dan telah memberikan klarifikasi," ungkap Ketua Bawaslu Tana Toraja, Serni Pindan kepada SINDOnews, Selasa (21/1/2020).

Serni menyebut, dugaan pelanggaran netralitas RA tertuang dalam Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, Peraturan Pemerintah (PP) nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil serta Peraturan Pemerintah nomor 42 tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps Pegawai Negeri Sipil, diperkuat dengan Surat Edaran MENPAN RB No: B/71/M.SM.00.00/2017 perihal Pelaksanan Netralitas bagi ASN pada penyelenggaraan Pilkada Serentak.



Menurutnya, temuan Bawaslu terkait dugaan pelanggaran di atas di antaranya, ASN dilarang melakukan pendekatan kepada partai politik terkait rencana pengusulan dirinya jadi calon kepala daerah.

"Yang bersangkutan sudah memberikan klarifikasi atas temuan Bawaslu itu. Selanjutnya, hasil klarifikasi itu akan kami proses sesuai standar operasional prosedur, apakah nantinya temuan ini memenuhi syarat atau tidak untuk dilanjutkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara," jelas Serni.

Diketahui, Rudhy Andilolo yang saat ini masih ASN aktif, sudah mendaftar di sejumlah partai politik sebagai bakal calon (balon) wakil bupati (wabup).

Sementara itu, Rudhy Andilolo menyatakan dirinya mengapresiasi kerja Bawaslu Tana Toraja untuk tetap netral dan mengawal proses pemilihan kepala daerah (pilkada) dengan baik.

"Saya juga berharap Bawaslu melakukan pengawasan terhadap ASN yang tidak terlibat langsung dalam politik praktis, agar jangan ikut terlibat dukung mendukung salah satu calon tertentu," jelas Rudhy Andilolo saat dihubungi SINDOnews melalui pesan singkat.



(man)

Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook