alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dicap Tukang PHP Gegara Sapi, Wabup Bulukumba Sebut Tendensius

Eky Hendrawan
Dicap Tukang PHP Gegara Sapi, Wabup Bulukumba Sebut Tendensius
Wabup Bulukumba Tomy Satria Yulianto menyebut tudingan sebagai tukang PHP oleh aktivis dinilai tendensius. Foto/dok SINDOnews

BULUKUMBA - Wakil Bupati (Wabup) Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, angkat bicara ihwal tudingan oknum aktivis yang mencap dirinya sebagai pemberi harapan palsu (PHP) terkait persoalan pengadaan sapi di Desa Singa, Kecamatan Herlang. Tudingan itu dinilai sangat tendensius dan sebatas menyimpulkan secara sepihak tanpa klarifikasi.

Orang nomor dua di Bulukumba itu berpendapat aspirasi yang dilakukan sejumlah orang di DPRD pada Selasa (21/1/2020) hanya upaya mendiskreditkan dirinya. "Saya mau klarifikasi, atas penghakiman kelompok yang menyampaikan aspirasi kalau di-PHP. Itu tendensius dan menyimpulkan tanpa klarifikasi," tegasnya.

Wabup Tomy menegaskan persoalan pengadaan sapi di Desa Singa terus dikawal pihaknya. Ia tidak berbohong atau memberikan janji palsu terkait upaya penuntasan persoalan tersebut. Lagi pula, setelah dilakukan pemeriksaan tidak ditemukan adanya pelanggaran. Hanya memang hasilnya belum dirilis ke publik.



"Itu proyek dari Kementerian Tenaga Kerja RI yang dikerja secara padat karya. Bukan sumbernya dari APBD tapi karena ada laporan, tim Inspektorat kita turunkan untuk melakukan verifikasi. Hasil verifiksinya sudah disampaikan kepada yang melaporkan," terang dia.

Tomy melanjutkan karena pelapor kurang puas dan mengganggap Inspektorat tidak netral, maka pihaknya menurunkan tim khusus (timsus). Nah, dalam verifikasi kedua oleh timsus, hasil yang diperoleh tetap sama.

"Hasilnya sudah ada meski belum dirilis karena salah seorang penanggung jawab audit saat ini lagi dinas keluar kota," terang politikus NasDem ini.

Sebelumnya, aktivis yang juga Koordinator Aliansi Pelajar dan Mahasiswa (Apmah) Bulukumba, Jalal Bacthiar, menuding Wabup Tomy sebagai tukang PHP lantaran gagal memenuhi janjinya menuntaskan persoalan sapi tersebut. Jalal berdalih timsus yang disampaikan Wabup Tomy tidak pernah turun.

"Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto seperti tukang PHP kepada masyarakat Desa Singa, Kecamatan Herlang. Sampai saat ini timsus yang dijanjikan tidak pernah turun. Katanya permasalahan dugaan korupsi pengadaan sapi telah dibahas di Pemkab Bulukumba," tandasnya.



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook