Layanan GeNose Kini Tersedia di Pelabuhan Makassar

Senin, 03 Mei 2021 - 18:40 WIB
loading...
Layanan GeNose Kini Tersedia di Pelabuhan Makassar
GM Pelindo IV Cabang Makassar, Enriany Muis (tengah) bersama Otoritas Pelabuhan Makassar meninjau penerapan pemeriksaan GeNose di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Senin (3/4). Foto: SINDOnews/Maman Sukirman
A A A
MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) mulai menggunakan layanan alat deteksi Covid-19 GeNose C-19 di Pelabuhan Makassar terhitung mulai hari ini, Senin (3/5).

Pemberlakuan alat tes tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 12 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Baca Juga: PT Pelindo IVGeNose di pelabuhan ini, sebagai alternatif selain swab antigen untuk penumpang yang ingin menggunakan moda transportasi kapal laut.

“Alat GeNose C-19 ini akan menjadi alternatif bagi penumpang yang melakukan perjalanan dengan kapal laut, selain swab antigen. Untuk layanan ini, biaya sebesar Rp40.000 per penumpang untuk sekali melakukan deteksi Covid-19 ,” terang Enriany.

Menurut dia, besaran biaya yang diterapkan untuk penumpang kapal sama dengan penggunaan GeNose di Bandara Sultan Hasanuddin.

Baca Juga: GeNoseGeNose ,” ujarnya.

GM Cabang Makassar juga menuturkan, ada dua unit alat GeNose C-19 yang dioperasikan pihaknya di Pelabuhan Makassar , tepatnya di lantai 1 di pintu sebelum naik ke atas kapal.

Dia berharap, dengan adanya GeNose memberikan alternatif bagi penumpang dan Cabang Makassar untuk mendukung pemutusan rantai penularan Covid-19, dengan menyiapkan fasilitas alat deteksi besutan mahasiswa UGM ini di Pelabuhan Makassar .

Baca Juga: GeNose C19
Adapun pemeriksaan GeNose C-19 dilaksanakan di pelabuhan pada hari H keberangkatan. Apabila pada saat tes GeNose C-19 di hari H ditemukan hasil positif pada calon penumpang, maka akan dilakukan pemeriksaan rapid test antigen melalui petugas tenaga kesehatan yang berwenang di pelabuhan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)