alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Seleksi CPNS Pemkot Makassar Dijadwalkan Digelar Februari

Vivi Riski Indriani
Seleksi CPNS Pemkot Makassar Dijadwalkan Digelar Februari
Seleksi CPNS akan digelar oleh Pemkot Makassar pada akhir Februari mendatang. Foto: Sindonews/dok

MAKASSAR - Calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar perlu bersiap diri. Seleksi kompetensi dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) dijadwalkan akan berlangsung pada 22 Februari sampai 26 Februari 2020.

Kepala Bidang Pengadaan dan Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar, Kadir Masri, mengatakan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IV Makassar telah mengeluarkan jadwal untuk pelaksanaan SKD CPNS Pemkot Makassar. Pelaksanaannya dilakukan selama lima hari.

"Jadwal dari BKN itu mulai 22 Februari sampai 26 Februari 2020," singkat Kadir, kemarin.



Rencananya, pelaksanaan SKD akan dibuka selama lima sesi. Setiap sesi diikuti sekitar 700 peserta dengan memakan waktu selama kurang lebih 120 menit. Jumlah peserta yang lulus seleksi administrasi mencapai 16.888 orang untuk memperebutkan 526 formasi yang dibuka.

Kelulusan SKD CPNS tahun ini bergantung nilai ambang batas atau passing grade yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2019 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019.

Ada tiga macam ujian dalam SKD yakni tes karakteristik pribadi (TKP) dengan passing grade 126, tes intelegensia umun (TIU) passing grade 80, dan tes wawasan kebangsaan (TWK) passing gradre 65.

"Penentuan kelulusan itu bergantung passing grade. Jadi ada sekitar 1000 lebih peserta yang nanti lulus ke tahap SKB (seleksi kompetensi bidang)," ujarnya.

Berbeda dengan kabupaten kota lainnya, untuk legalisir kartu ujian peserta nanti dijadwalkan bersamaan dengan tes SKD. Alasannya, pihaknya ingin meminimalisir adanya calo.

"Sebaiknya legalisir kartu tes nanti pada saat mau ujian di tempat tes. Jadi, mereka bisa datang lebih awal, kita juga tidak mau bersentuhan langsung dengan peserta sebelum tes dilakukan," tuturnya.

Kadir menerangkan tes SKD akan dilaksanakan di GOR Universitas Hasanuddin. Lokasi ini dinilai respresentatif untuk menampung ratusan peserta. Rencananya, Pemkot Makassar akan segera melakukan penandatanganan kerjasama dengan Unhas dalam waktu dekat ini.

"MoU-nya Insyaallah dalam waktu dekat ini, nanti kita informasikan. Jelasnya, pihak Unhas setuju dan kita sudah terima suratnya," ucapnya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook