alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

AS dan Iran Memanas, Korsel Kirim Kapal Perusak ke Selat Hormuz

Agus Nyomba
AS dan Iran Memanas, Korsel Kirim Kapal Perusak ke Selat Hormuz
Korea Selatan mengirim kapal perusak dan sekitar 300 tentara ke Selat Hormuz di tengah ketegangan AS dan Iran. Foto: Istimewa

SEOUL - Korea Selatan akan mengirim kapal perusak angkatan laut dan 300 tentara ke Selat Hormuz, di tengah ketegangan yang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dan Iran beberapa waktu terakhir.

Hal ini dikatakan oleh Kementerian Pertahanan Korea Selatan di Seoul, Selasa waktu setempat. Langkah ini mengikuti tekanan dari AS di tengah ketegangan antara Washington dan Teheran.

Iran dipersalahkan atas serangkaian serangan terhadap kapal-kapal pelayaran di selat itu, sebuah titik strategis bagi perdagangan minyak dunia, tempat AS telah menggelar misi angkatan laut. Seoul telah memiliki hubungan diplomatik dengan Teheran sejak awal 1960-an, dan sampai tahun lalu Iran adalah salah satu pemasok minyak utama di negara miskin sumber daya itu.



Kementerian Pertahanan mengatakan bahwa Seoul telah memutuskan untuk memperluas sementara area penyebaran unit militer anti-pembajakannya, yang beroperasi di lepas pantai Somalia untuk memasukkan Teluk Persia dan Teluk Oman, yang dihubungkan oleh Selat Hormuz.

"Itu tidak akan menjadi bagian dari misi angkatan laut AS, meskipun dua perwira penghubung akan dikirim ke markas AS untuk berbagi informasi," bunyi pernyataan itu dilansir dari Russia Today.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook