alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

BNPB Sebut DAS Jeneberang Sangat Kritis: Ancaman Bencana yang Permanen

Herni Amir
BNPB Sebut DAS Jeneberang Sangat Kritis: Ancaman Bencana yang Permanen
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut belasan ribu hektare lahan di kawasan daerah aliran sungai (DAS) Jeneberang dalam kondisi kritis dan sangat kritis. Foto : SINDOnews/Doc

SUNGGUMINASA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut belasan ribu hektare lahan di kawasan daerah aliran sungai (DAS) Jeneberang dalam kondisi kritis dan sangat kritis.

Deputy Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Lilik Kurniawan mengatakan, data tersebut merupakan data tahun 2019 lalu yang berasal dari Kementerian Lingkuhan Hidup (KLH).

"Daerah hulu kita masih ada kritis. Saya sangat apresiasi tindakan Pemkab Gowa yang menanam vetiver maupun tanaman keras untuk solusi jangka panjang,"ungkapnya saat latihan peringatan dini dan evakuasi banjir sungai Jeneberang di Kelurahan Pangkabinanga Kecamatan Pallangga, Rabu (22/01/2020).



Namun kata Lilik, Persoalan DAS Jeneberang tidak cukup jika hanya Kabupaten Gowa saja yang bertindak. Karena DAS ini melintasi beberapa kabupaten/kota. Untuk itu, pihaknya meminta agar Pemprov Sulsel ikut andil berperan dengan melibatkan TNI/Polri.

Selain itu, dia juga mengharapkan agar perguruan tinggi seperti Unhas memberi input dan kajian komprehensif untuk dijadikan dasar solusi jangka panjang tanpa menyampingkan solusi jangka pendek.

"Itulah gunanya dilakukan deteksi dini untuk bisa mencegah jatuhnya korban jiwa. Informasi harus sampai ke masyarakat terutama yang rawan bencana di sepanjang Sungai Jeneberang,"jelasnya.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook