TOPIK TERPOPULER

Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi di Selat Makassar Pada 4-6 Mei 2021

iNews.id
Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi di Selat Makassar Pada 4-6 Mei 2021
Ilustrasi. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi terjadinya gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia. Kondisi ini diperkirakan terjadi pada tanggal 4 hingga 6 Mei 2021.

Baca juga: Dampak Siklon Tropis Surigae, BMKG: Waspada Gelombang Tinggi Mencapai 4 Meter

Salah satu wilayah perairan yang berpotensi terjadi gelombang tinggi antara 1,25 hingga 2,5 meter berada di Selat Makassar. Kondisi serupa juga diperkirakan terjadi di sejumlah perairan mulai dari Sabang Aceh, Jawa, hingga Maluku dan Papua.

Sementara, untuk gelombang dengan kategori tinggi 2,5 - 4 meter terjadi di beberapa perairan Indonesia di antaranya perairan barat Mentawai, perairan Enggano, Selat Sunda, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan.

Kemudian Samudra Hindia Bali-Sumba, Laut Banda, perairan Kepulauan Wakatobi bagian timur, perairan selatan Kepulauan Tanimbar, Laut Arafuru.



Baca juga: Siklon Seroja Mulai Menjauh tapi Gelombang Masih 4 Meter di NTT

"Potensi gelombang dengan kategori sangat tinggi 4 - 6 meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah dan Samudra Hindia selatan Jawa Timur," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo, Selasa (4/5/2021).



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!