alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ferdinand Sinaga Hattrick, PSM Pecundangi Lalenok 4-1

Okezone
Ferdinand Sinaga Hattrick, PSM Pecundangi Lalenok 4-1
Bomber PSM Makassar mencetak hattrick yang mengantarkan timnya mempecundangi Lalenok United dengan skor 4-1 di babak playoff leg I AFC Cup 2020. Foto/dok SINDOnews

GIANYAR - PSM Makassar tampil perkasa pada leg I babak playoff Piala AFC 2020. Berstatus tim tamu, skuad Juku Eja sukses mempecundangi wakil dari Timor Leste, Lalenok United dengan skor 4-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada Rabu (22/1/2020), sore WIB. Laga dimainkan di Bali karena kandang Lalenok tidak lulus kualifikasi.

Dalam pertandingan ini, bomber PSM Makassar, Ferdinand Sinaga, tampil sebagai pahlawan kemenangan dengan mencetak tiga gol alias hattrick. Satu gol lain Juku Eja dilesakkan oleh pemain anyar Giancarlo Lopes. Sedangkan gol tim tuan rumah yang lebih dulu unggul dicetak oleh Daniel Adade.

Jalannya Pertandingan



Babak Pertama:

PSM memulai pertandingan dengan sangat buruk. Lalenok langsung mampu melancarkan serangan berbahaya ke pertahanan tim asuhan Bojan Hodak tersebut. Petaka untuk PSM saat Lalenok mendapatkan gol lebih dulu pada menit kedua.

Tersengat oleh gol cepat Lalenok, PSM kemudian menaikkan intensitas serangannya. Gol balasan mampu dibuat PSM pada menit ke-12 melalui aksi Ferdinand Sinaga. Pemain berusia 31 tahun tersebut membuat gol dengan kaki kirinya setelah memaksimalkan umpan sepak pojok.

Keuntungan didapatkan PSM saat sang lawan mesti bermain dengan 10 orang pada menit 24. Lalenok harus bermain dengan 10 orang karena sang kiper melakukan pelanggaran kepada Ferdinand Sinaga di depan kontak penalti.

Bermain melawan 10 orang membuat pertahanan Lalenok jadi lebih mudah ditembus PSM. Ferdinand Sinaga dan Giancarlo Lopes memiliki banyak ruang untuk mengancam gawang Lalenok. Lopes akhirnya mencatatkan gol perdana untuk PSM pada menit 41. Gol Lopes membuat PSM berbalik unggul 2-1 atas Lalenok pada akhir babak pertama.

Babak Kedua:

Pertandingan kembali bergulir dengan PSM lebih banyak memegang kendali permainan seperti babak pertama. Bermain dengan keunggulan jumlah pemain benar-benar dimanfaatkan secara maksimal oleh tim asuhan Bojan Hodak tersebut.

Meski begitu, tidak mudah bagi Juku Eja –julukan PSM– untuk membuat gol ketiga ke gawang Lalenok. Pada menit 61, Ferdinand Sinaga mendapatkan kesempatan emas untuk mencatatkan namanya di papan skor kembali tetapi ia gagal menuntaskan peluang tersebut.

Ferdinand Sinaga benar-benar mencetak gol keduanya pada menit ke-69. Pemain asal Medan itu memaksimalkan umpan matang dari Leo Guntara untuk menogyak jala gawang Lalenok. Penderitaaan Lalenok bertambah saat Ferdinand Sinaga membuat hattrick pada menit 72. Gol ketiga Ferdinand Sinaga tercipta berkat umpan manja Irsyad Maulana.

Keunggulan 4-1 membuat PSM semakin nyaman menerapkan permainannya. Akan tetapi, hingga pertandingan selesai tidak ada tambahan gol yang tercipta untuk Juku Eja. Hasil positif tersebut jadi modal penting bagi PSM yang akan memainkan leg II di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa 29 Januari 2020, sore WIB.

Susunan pemain PSM lawan Lalenok:

PSM: Miswar Saputra; Leo Guntara, Hussein Eldor, Ahmad Agung, Dedy Gusmawan; Rizky Pellu, Muhammad Arfan; Wiljan Pluim, Irsyad Maulana, Ferdinand Sinaga; Giancarlo Lopes.

Cadangan: Hilman Syah, Zulkifli Syukur, Wasyiat, Osas Saha, Hasim Kipuw, Rasyid Bakri, Bayu Gatra.

Pelatih: Bojan Hodak



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook