TOPIK TERPOPULER

Atasi Kerumunan, Pusat Perbelanjaan di Palopo Batasi Pengunjung

Chaeruddin
Atasi Kerumunan, Pusat Perbelanjaan di Palopo Batasi Pengunjung
Suasana pusat perbelanjaan di Kota Palopo membatasi jumlah pengunjung yang datang. Foto: Istimewa

PALOPO - Pusat perbelanjaan di Palopo yakni Matahari Department Store mengambil kebijakan pembatasan pengunjung dalam area toko hanya 250 orang untuk mengatasi kerumunan.

Ini dilakukan sebagai bentuk tanggungjawab dalam rangka menekan dan menghindari penularan Covid-19 khususnya di Kota Palopo, Provinsi Sulsel.

Baca Juga: Baznas Palopo Minta Zakat Harus Habis Terdistribusi Sebelum Malam Lebaran

Bani, Asisten Manager Matahari Department, menjelaskan pembatasan tersebut merupakan kebijakan pimpinan pusat perusahaan.

"Prinsip ekonomi, tentu kami ingin toko kami ramai pengunjung, berapa orang pun boleh masuk. Namun karena situasi Pandemi Covid-19 termasuk di Kota Palopo tentu pihak kami lebih mengutamakan keselamatan pengunjung dan karyawan," ujarnya, saat ditemui di ruang kerjanya.



Dirinya menjelaskan, hal ini salah satu dari beberapa diantara bentuk tanggungjawab sosial dalam situasi Pandemi saat ini. "Pembatasan tersebut dilakukan untuk menghindari kerumunan dalam area toko," tambahnya.

Bani melanjutkan, jika sudah cukup 250, pengunjung yang lain bisa menunggu di luar sambil menunggu pengunjung dalam toko keluar, barulah karyawan mengizinkan pengunjung selanjutnya masuk area toko untuk berbelanja.

Mengenai tingkat daya beli masyarakat utamanya di Matahari, Bani, mengungkapkan ada peningkatan dari tahun 2020, meski pun 100 persen belum normal sepeti tahun-tahun sebelumnya diwaktu belum adanya wabah Covid-19.

"Situasi perlahan membaik, grafik nya menunjukan angka positif, pengunjung lebih banyak dari tahun lalu (2020.red)," ujarnya.

Baca Juga: Polres Palopo Luncurkan 5 Inovasi Selama Ramadhan



Geliatnya usaha masyarakat termasuk yang berada di Mall City Market Palopo, menurutnya tidak lepas dari kebijaksanaan Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo yang memberikan izin jam operasional hingga pukul 22.00 WITA.

"Jam operasional kita masih normal, buka pukul 10.00 WITA hingga pukul 22.00 WITA. Tentunya seluruh waktu ini di bawah pengawasan ketat kami, karyawan maupun pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan, utamanya menggunakan masker dan memakai handsanitizer sebelum masuk area toko," jelasnya.

Seperti tahun sebelumnya, Matahari memberikan diskon special Ramadhan dan Idul Fitri, beli 2 gratis satu dan discount up to 70 persen. Untuk diketahui, dalam sehari semalam pengunjung di Matahari Departement Store arae Cabang City Market Palopo mencapai 4.500 orang.



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!