TOPIK TERPOPULER

Enam Perbatasan di Kota Makassar Bakal Dijaga Aparat

Faisal Mustafa
Enam Perbatasan di Kota Makassar Bakal Dijaga Aparat
Suasana kepadatan kendaraan di kawasan jalan menuju Mall Panakukang, Makassar, (04/05/2021). Kemacetan akan terus terjadi di pusat Kota Makassar menjelang Hari Raya Idulfitri. Foto: Sindones/Maman Sukirman

MAKASSAR - Jajaran Polrestabes Makassar bakal menerjunkan ratusan personel untuk menjaga enam perbatasan antar Kabupaten-Kota sebagai bagian dari pengamanan jelang perayaan Idul Fitri 1442 H di masa Pandemi Covid-19.

Kabag Ops Polrestabes Makassar Kompol Nugraha Pamungkas mengatakan, enam titik perbatasan yakni Jalan Sultan Alauddin-Malengkeri-Jalan Syech Yusuf Gowa. Lalu Jembatan Barombong, kemudian Jalan Aroepala Hertasning-Gowa dan, Jalan Tamangapa Raya-Gowa.

Baca Juga: Pemkab Gowa Perketat Pengawasan di Perbatasan dan Kawasan Wisata

"Terus di perbatasan Makassar-Maros di daerah Tamalanrea Raya-Poros Pamanjengan dan Perlimaan Bandara Sultan Hasanuddin yang setelah terowongan itu," kata Nugraha melalui sambungan telepon, Selasa (4/5/2021).

Dia menambahkan, enam pos batas itu akan disiagakan personel gabungan dari kepolisian, TNI dan petugas pemerintah daerah. "Kalau kita terjunkan 458 personel. Operasinya mulai 6 sampai 17 Mei," tutur Mantan Wakapolres Pelabuhan Makassar ini.



Nugraha mengatakan langkah itu merupakan upaya strategis yang telah dibahas dalam rapat koordinasi forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) tingkat Kota Makassar. "Tadi pagi kita sudah rapat, pengamanannya seperti itu," katanya.

Dia melanjutkan selain pos batas pihaknya juga menyiapkan pos pengamanan, pelayanan dan terpadu. "Masing-masing 10 pos pengamanan, dua pos pelayanan dan satu pos terpadu. Lokasinya di titik strategis di Makassar," jelas Nugraha.

Perwira Polri menengah satu bunga ini menerangkan beberapa pos-pos itu berlokasi di depan pusat perbelanjaan dan pasar tradisional. "Mal Panakkukang, Mal Ratu Indah, Pasar Butung, Terong, Daya, gerbang BTP sama perempatan Malangkeri," terang Nugraha.

Baca Juga: Antisipasi Pemudik, Ribuan Personel Diturunkan Jaga Perbatasan di Sulsel

Alumni akademi kepolisian tahun 2005 ini menegaskan jika ditemukan masyarakat yang nekat menerobos pos perbatasan, sesuai instruksi Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana akan diminta kembali. "Putar arah," imbuh Nugraha.



Kasubbag Humas Polrestabes Makassar AKP Lando belum bisa berkomentar banyak. Menurutnya rencana pengamanan tersebut baru akan digelar pasukan Rabu 5 Mei 2021 di Lapangan Karebosi, Kota Makassar. Pagi.

"Surat perintahnya juga belum keluar. Besok baru mulai sebenarnya, ada gelar pasukan di Karebosi, memang tadi ada rapat koordinasi. Besok pagi kita jelaskan. Nanti langsung bapak Kapolrestabes yang bicara selesai apel gelar pasukan," ungkap Lando.



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!