TOPIK TERPOPULER

Sering Dijadikan Penghias Makanan, Ini Deretan Manfaat Buah Ceri

Uthari Handayani
Sering Dijadikan Penghias Makanan, Ini Deretan Manfaat Buah Ceri
Mengonsumsi buah ceri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Foto: Ilustrasi/Freepik

JAKARTA - Memiliki penampakan yang cantik, buah ceri sering dijadikan penghias makanan, baik untuk main course hingga dessert. Tapi, tak disangka ternyata buah ceri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi.

Sebagaimana dilansir laman BBC Good Food, mengonsumsi 14 buah ceri setara dengan 1 dari 5 asupan porsi sehari. Buah ini juga kaya kandungan serat, vitamin, dan mineral; termasuk potasium, kalsium, serta asam folat.

Lantas, apa saja manfaat buah ceri untuk kesehatan tubuh manusia? Berikut penjelasannya.

1. Mengurangi tekanan darah

Hasil penelitian dari British Journal of Nutrition menemukan jus ceri bisa mengurangi tekanan darah karena kandungan polifenolnya yang tinggi.



Baca Juga: Ini 5 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

2. Memulihkan tubuh setelah berolahraga

Hasil penelitian menunjukkan bahwa meminum jus ceri yang asam selama tujuh hari sebelum dan selama melakukan lari berat bisa meminimalisasi nyeri otot pasca-lari dan mempercepat pemulihan fungsi otot.

3. Mengurangi sakit asam urat

Meminum jus ceri selama dua hari bisa menurunkan risiko serangan asam urat. Selain itu, penelitian menyarankan untuk meminumnya selama empat bulan untuk mengurangi serangan akut. Berguna juga bagi yang sehat untuk menurunkan kadar asam urat pada darah.



Baca Juga: Berbagai Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan

4. Meningkatkan kualitas tidur

Ceri asam tinggi akan fitokimia utama dan melatonin yang terlibat dalam pengaturan siklus tidur manusia. Jus ceri asam cocok bagi mereka yang memiliki masalah tidur, ingin meningkatkan kualitas dan durasi tidur, memiliki gangguan tidur, dan insomnia.

5. Mengurangi radang sendi

Ceri diperkaya antioksidan yang dikenal juga antosianin dan sianidin yang memiliki efek antiinflamasi. Antioksidan adalah senyawa penting untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah penelitian, senyawa ini bisa mengurangi radang sendi.

Baca Juga: Begini 6 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!