alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ada Pesta Kuliner Peong dan Durian di Off Road JAL#1

Chaeruddin
Ada Pesta Kuliner Peong dan Durian di Off Road JAL#1
Panitia adventure off-road Jelajah Alam Luwu 1 (JAL#1) menyiapkan pesta kuliner bagi para peserta yang ikut berkompetisi dalam kegiatan JAL#1 pada 25 -26 Januari mendatang. Foto : Ilustrasi/SINDOnews

LUWU - Panitia adventure off-road Jelajah Alam Luwu 1 (JAL#1) menyiapkan pesta kuliner bagi para peserta yang ikut berkompetisi dalam kegiatan JAL#1 pada 25 -26 Januari mendatang.

Ketua Panitia Adventure Offroad JAL-1, Muhmmad Rudi mengungkapkan, tidak kurang dari 165 pencinta offroad dari wilayah Sulawesi maupun yang berasal dari Pulau Jawa akan menjadi tamu Pemkab Luwu untuk menjajal alam Luwu sebagai peserta Adventure offroad JAL-1.

"Para offroader ini adalah tamu bagi masyarakat dan pemerintah Kabupaten Luwu, disamping kita akan memperkenalkan panorama alam sebagai destinasi wisata, panitia juga akan memperkenal kuliner khas Luwu sebagai salah satu spot pariwisata, yaitu berupa buah durian dan peong," ujarnya.



Rudi mengatakan, salah satu potensi alam yang berpeluang menjadi salah satu icon destinasi wisata Kabupaten Luwu yaitu permandian alam Sarambu Masiang di Desa Kaladi Darussalam kecamatan Suli Barat. Lokasi inilah yang menjadi titik sentral bagi pencinta offroad nanti.

"Para offroader akan di jamu di lokasi camping ground di Kaladi Darusaalam. Di sana akan kita hidangkan kuliner khas Luwu tersebut sebagai persembahan masyarakat Desa Kaladi Darussalam yang melaksanakan acara pesta panen," lanjutnya.

Lebih lanjut Rudi menambahkan, secara teknis pelaksanaan, ratusan Offroader dijadwalkan tiba di Belopa-Luwu Kamis malam dan pada hari Jumat akan mengikuti inspeksi kendaraan (scrutineering) dalam rangka memastikan kendaraan 4x4 peserta layak memasuki medan adventure offroad JAL-1.

Dalam proses inilah peserta akan ditentukan panitia, apakah menjajal rute melalui jalur A (ekstrem) atau masuk di jalur B menuju menuju lokasi camping ground di Desa Kaladi Darussalam, kemudian kembali finish di Ibukota Belopa

Rute JAL-1 ini sudah didesain sedemikian rupa dan sudah ditinjau Pengda IOF Sulsel. Panjang jalur sekitar 64,5 KM, melintasi 5 kecamatan dan 20-an desa/kelurahan. Rute Adventure Offroad JAL-1 ini didominasi jalan tanah dan berlumpur, bergelombang, berbukitan dan melintasi alur sungai.

Adventure Offroad JAL-1 sebagai bagian dari pesta rakyat untuk memperingati HUT ke-14 Ibukota Belopa ini, pula akan dirangkai dengan pelantikan Bupati Luwu H Basmin Mattayang sebagai Ketua Pengcab IOF Kabupaten Luwu.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook