alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ambulans Laut Tingkatkan Aksesibilitas Sektor Kesehatan di Pulau

Muhammad Subhan
Ambulans Laut Tingkatkan Aksesibilitas Sektor Kesehatan di Pulau
Ambulans apung alias ambulans laut dari Gubernur Sulsel yang akan beroperasi di Kabupaten Pangkep. Foto/SINDOnews/Muh Subhan

PANGKEP - Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana, mengapresiasi bantuan ambulans apung alias ambulans laut dari Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. Hal itu disampaikan Syahban sebelum menyaksikan simulasi kedua ambulans laut tersebut.

"Kita apresiasi bantuan dari gubernur ini. Dengan ambulans apung ini semoga bisa memotivasi kita dalam meningkatkan layanan kesehatan, khususnya untuk memenuhi aksesibilitas sektor kesehatan di pulau," kata Syahban di Rujab Bupati Pangkep, Kamis (23/1/2020).

Syahban menambahkan ambulans apung dari Gubernur Sulsel ini akan melayani 18 pulau yang ada di Kecamatan Liukang Tupabiring. Pangkep diketahui merupakan daerah kepulauan, dimana terdapat sekitar 114 pulau.



Asisten I Provinsi Sulsel, Aslam Patonangi, mengharapkan bantuan ambulans laut ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Ia juga mengungkapkan dalam waktu dekat Gubernur Nurdin berencana menyerahkan lima ambulans apung lagi kepada lima daerah yakni Pangkep, Sinjai, Luwu Timur, Selayar dan Makassar.

"Tujuannya untuk menghadapi kompleksitas yang dihadapi pemerintah dan memenuhi layanan kesehatan pulau-pulau," ujarnya.

Ia menambahkan Standar Prosedur Operasional juga dibuat untuk digunakan dalam operational pemanfaatan ambulans laut. Ambulans ini sangat dibutuhkan untuk menyediakan akses bagi para penduduk di pulau untuk menjangkau layanan kesehatan di daratan.



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook