Jangan Sampai Kekurangan Vitamin D, Ini Bahayanya Bagi Kesehatan

Kamis, 06 Mei 2021 - 09:44 WIB
loading...
Jangan Sampai Kekurangan Vitamin D, Ini Bahayanya Bagi Kesehatan
Vitamin D dikenal juga sebagai vitamin sinar matahari, karena bisa didapatkan akibat respons kulit ketika terpapar sinar matahari. Foto: Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Vitamin D dikenal juga sebagai vitamin sinar matahari, karena bisa didapatkan akibat respons kulit ketika terpapar sinar matahari. Meski demikian, vitamin D juga bisa diperoleh dari beberapa makanan, termasuk ikan, minyak hati ikan, dan kuning telur, termasuk dalam produk susu dan biji-bijian.

Dilansir dari WebMD, vitamin D penting untuk tulang yang kuat, karena membantu tubuh menggunakan kalsium dari makanan. Secara tradisional, kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan rakhitis, penyakit di mana jaringan tulang tidak termineralisasi dengan baik, yang menyebabkan tulang lunak dan kelainan bentuk tulang.

Selain itu semakin banyak penelitian yang mengungkapkan pentingnya vitamin D dalam melindungi dari sejumlah masalah kesehatan.



Gejala dan Risiko Kesehatan Kekurangan Vitamin D

Gejala nyeri tulang dan kelemahan otot bisa berarti Anda kekurangan vitamin D. Namun, bagi banyak orang, gejalanya tidak kentara. Meski tanpa gejala, kekurangan vitamin D dapat menimbulkan risiko kesehatan.

Kadar vitamin D dalam darah yang rendah telah dikaitkan dengan hal-hal berikut: meningkatnya risiko penyakit kardiovaskular , gangguan kognitif, asma parah dan kanker.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D dapat berperan dalam pencegahan dan pengobatan sejumlah kondisi berbeda, termasuk diabetes tipe 1 dan tipe 2, hipertensi, intoleransi glukosa, dan sklerosis ganda.



Kekurangan Vitamin D Dapat Terjadi Karena Beberapa Alasan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4105 seconds (0.1#10.140)