Masyarakat Rante Balla Luwu Tagih Ganti Rugi Lahan PT Masmindo Dwi Area

Kamis, 06 Mei 2021 - 13:00 WIB
loading...
Masyarakat Rante Balla Luwu Tagih Ganti Rugi Lahan PT Masmindo Dwi Area
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (tengah) saat bertemu tokoh Kabupaten Luwu di Makassar, Selasa 27 April lalu. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Ketua Forum Pemberdayaan Masyarakat (FPM) Rante Balla-Tana Luwu, Ishak G Pagalla menyampaikan aspirasi masyarakat terkait pengelolaan lahan tambang emas oleh PT Masmindo Dwi Area , ke Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Selasa 27 April 2021 lalu.

Dalam pertemuanitu, Ishak menyampaikan kepada Plt Gubernur Sulsel bahwa masyarakat sampai saat ini belum merasakan manfaat atas hadirnya PT Masmindo di Desa Rante Balla,Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Sulsel.

Baca Juga: PT Masmindo Dwi Area
“Ini cukup membingungkan masyarakat dan menimbulkan kegaduhan di tengah-tengah masyarakat Rante Balla. Padahal kehadiran PT Masmindo Dwi Area seharusnya memberikan dampak yang berarti bagi kehidupan masyarakat di atas," kata Ishak, dalam siaran persyang diterimaSINDOnews.

Sorotan yang ditujukan kepada PT Masmindo Dwi Area juga datang dari Ketua Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKL Raya), Buhari Kahar Muzakkar.

Baca Juga: PT Masmindo
Buhari pun meminta ketegasan Bupati Luwu, Basmin Mattayang dan anggota DPRD untuk bersikap tegas terhadap PT Masmindo . Menurut Buhari, jika memang ke depannya tidak ada kejelasan, aktivitas di sana sebaiknya ditutup.

“Jika tidak kejelasan kapan beroperasi (eksploitasi) sebaiknya ditutup saja. Jangan sampai sudah ada kegiatan produksi di sana (Rante Balla) diam-diam. Nanti hengkang dari Luwu setelah emas habis dikuras baru kita sadar, makanya sudah saatnya ditutup saja,” tandas Buqari.

Buhari juga mengklaim, negara mengalami kerugian pajak akibat ketidakjelasan status PT Masindo terkait operasional tambang emasnya di Rante Balla.

Baca Juga: PT Masmindo
Plt Gubernur Sulsel , Andi Sudirman Sulaiman mengaku merespons baik aspirasi-aspirasi yang disampaikan tokoh adat, tokoh masyarakat Rante Balla. Ia berjanji akan menindak lanjuti kepada pihak-pihak terkait untuk memperjelas apa yang menjadi aspirasi dan keinginan masyarakat Ranteballa.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)