Rossi Jelaskan Mengapa Pembalap MotoGP Rentan Alami Masalah Arm Pump

Jum'at, 07 Mei 2021 - 18:03 WIB
loading...
Rossi Jelaskan Mengapa Pembalap MotoGP Rentan Alami Masalah Arm Pump
Arm pump merupakan salah satu cedera yang menghantui pembalap MotoGP belakangan ini. Itu mendapat tanggapan dari Valentino Rossi. Foto: twitter
A A A
JEREZ - Arm pump merupakan salah satu cedera yang menghantui pembalap MotoGP belakangan ini. Rider Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo menjadi korban terbaru saat beraksi di GP Spanyol 2021. Itu mendapat tanggapan dari Valentino Rossi.



Dalam istilah medis, cedera arm pump dikenal dengan sebutan chronic exertional compartment syndrome (CECS) atau dalam kasus yang lebih serius disebut acute compartment syndrome (ACS). Ini disebabkan penggunaan tangan yang berlebihan dalam satu pekerjaan khusus.

Bagi pembalap MotoGP dan motocross, kendala kerap dirasakan di area lengan bawah. Salah satu tanda arm pump adalah timbulnya rasa sakit atau nyeri hebat beberapa menit setelah memacu motor.

Lantaran belakangan ini banyak pembalap yang mengalami masalah arm pump, Rossi punya pandangan sendiri. Menurut The Doctor itu semakin sering terjadi karena semakin cepat dan bertenaganya motor-motor MotoGP di era modern.

"Sindrom kompartemen sangat terhubung dengan tenaga mesin, peningkatan performa motor, akselerasi, kecepatan, dan pengereman. Motor MotoGP kini melaju sangat cepat. Jadi saya rasa itu mungkin jadi salah satu alasannya," ujar Rossi.



"Tak pernah menderita masalah ini sungguhlah menyenangkan, karena ketika melaju sangat cepat di atas motor, masalah ini bisa muncul" tandasveteran berusia 42 tahun asal Italiaitu, dilansir dari laman Speedweek.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)