TOPIK TERPOPULER

Petugas Lapas dan Rutan se-Sulsel Dilarang Libur Lebaran

Faisal Mustafa
Petugas Lapas dan Rutan se-Sulsel Dilarang Libur Lebaran
Petugas Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sulsel melakukan sidak di rutan Makassar beberapa waktu lalu. Foto: Dok

MAKASSAR - Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel, Edi Kurniadi menegaskan kepada seluruh jajaran pemasyarakatan di lapas dan rutan untuk tidak turut berlibur lebaran. Tujuannya guna meningkatkan pengawasan dan pengamanan terhadap para penghuni agar tetap kondusif.

"Sekarang ini kita penguatan-penguatan terhadap petugas lapas dan rutan, ditekankan kepada mereka semua tidak ada hari libur, tidak ada hari apa, harus masuk semua. Tidak boleh mudik sesuai edaran menteri," kata Edi kepada SINDOnews lewat sambungan telepon, Jumat (7/5).

Baca juga: Rutan Makassar Adakan Lomba Gema Ramadhan untuk Warga Binaan

Dia menyatakan sejauh ini pihaknya rajin menyambangi beberapa lapas dan rutan untuk memastikan kondusifitas keamanan dan kedisiplinan jajarannya. "Termasuk memantau peredaran gelap narkotika dan barang terlarang lain, serta layanan hak warga binaan terpenuhi dengan baik," ucap Edi.

Edi mengaku pihaknya juga terus berkoordinasi dengan instansi lain terkait pengamanan, baik kepolisian, TNI dan Badan Narkotika Nasional. "Untuk sidak kita rutin laksanakan agar di dalam lapas-rutan tidak ada gangguan keamanan, maupun barang terlarang, narkoba, senjata tajam, ponsel dan lain-lain," tuturnya.



Baca juga: Rutan Makassar Gelar Bazar dan Pasar Murah Sampai 1 Mei

Dia menambahkan, nantinya para penghuni lapas dan rutan tidak akan menerima kunjungan pada momen lebaran, mengingat aturannya selama pandemi tidak ada kunjungan. "Selama belum dicabut aturannya yah belum bisa (kunjungan), termasuk saat lebaran," tegasnya.

Sebagai gantinya, Edi menerangkan jajaran lapas dan rutan bakal memaksimalkan kunjungan secara daring. "Lewat aplikasi video call. Saluran onlinenya diperbanyak. Di setiap kabupaten kota itu penambahan saluran online pakai aplikasi. Penghuni bisa memakainya tidak ada jadwal yang ditentukan, kapanpun boleh," tukasnya.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!