alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ingin ke Teheran, Pangeran Charles Sebut Iran Bagian Penting Dunia

Agus Nyomba
Ingin ke Teheran, Pangeran Charles Sebut Iran Bagian Penting Dunia
Pangeran Charles Philip Arthur George. Foto: Istimewa

LONDON - Pangeran Charles berencana untuk mengunjungi Iran, pernyataan itu muncul saat terjadi ketegangan antara Teheran dan Amerika Serikat, sekutu utama Inggris.

Kondisi ketegangan kedua negara tersebut terjadi Pada 3 Januari 2020 setelah, Washington membunuh jenderal tinggi Iran Qasem Soleimani dengan mengatakan ia sedang mempersiapkan serangan terhadap Amerika Serikat tanpa memberikan bukti apa pun. Teheran membalas dengan serangan rudal terhadap pasukan AS di Irak.

Sementara Pangeran Charles mengatakan, dia ingin mengunjungi Republik Islam dan menyebut Iran sebagai bagian penting dunia.



"Saya tahu bahwa Iran telah menjadi bagian yang sangat penting di dunia selama berabad-abad dan telah banyak berkontribusi pada pengetahuan manusia, budaya, puisi, seni," kata Pangeran Charles Philip Arthur George dilansir The Sunday Times.

"Maksud saya, orang-orang yang benar-benar luar biasa. Dan saya selalu terpesona oleh budaya Islam dan arsitektur dan pengerjaan untuk waktu yang lama," kata pangeran berjuluk Duke of Wales di Forum Ekonomi Dunia di Davos.

Komentar sang pangeran sangat kontras dengan pernyataan yang dibuat oleh Presiden AS Donald Trump dan Presiden Prancis Emmanuel Macron, yang sebelumnya mengancam akan menindak Iran.
Pada Juni 2019, Macron menuduh Teheran "memperjuangkan terorisme" di Timur Tengah, sementara Presiden Trump telah berulang kali mengancam Iran dengan serangan militer.

Pangeran Charles, yang pekan lalu mengunjungi Israel dan bertemu dengan para pejabat dan pengungsi Palestina mengatakan, ia berdoa sepanjang waktu untuk perdamaian di kawasan itu dan tidak hanya dalam bahasa Inggris.

Pangeran Charles terakhir mengunjungi Republik Islam pada tahun 2004 sebagai bagian dari perjalanan pribadi dengan Palang Merah ke kota Bam, yang hancur oleh gempa bumi. Terakhir kali bangsawan Inggris tiba di Republik Islam untuk kunjungan resmi adalah pada tahun 1975 ketika almarhum Ibu Suri tiba di Teheran.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook