TOPIK TERPOPULER

Pelaksanaan Halal Bihalal Dibatasi, Konvoi Malam Takbir Dilarang

Ashari Prawira Negara
Pelaksanaan Halal Bihalal Dibatasi, Konvoi Malam Takbir Dilarang
Pemerintah Kota Makassar resmi melarang pelaksanaan takbir keliling dan pembatasan pelaksanaan halal bihalal. Foto: Sinedonews/dok

MAKASSAR - Mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19, Pemerintah Kota Makassar resmi mengeluarkan surat edaran (SE) menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 hijriah.

Dalam Surat yang ditandatangani Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dengan nomor 400/273/KESRA/V/2021 tentang panduan pelaksanaan salat Hari Raya Idul Fitri 1442 hijriah / 2021 M tersebut mengatur sejumlah ketentuan, diantaranya konvoi malam takbir dan acara halal bihalal yang kerap dilakukan masyarakat selama masa lebaran.

Baca Juga: Cegah Covid-19, Pelaksanaan Takbir Keliling di Makassar Dilarang

Pemerintah menetapkan halal bi halal hanya boleh dilakukan di lokasi usai salat Id berlangsung tanpa adanya kontak fisik. Sementara konvoi malam takbiran sama sekali tidak diperbolehkan.

Adapun isi SE tersebut yaitu,



1. Dalam pelaksanaan kegiatan salat Hari Raya Idul Fitri 1442 H/ 2021 M diharapkan dilaksanakan ditempat terbuka (halaman masjid, lapangan RW atau ruas jalan di RW masing-masing) dengan Alternatif :

a. Menggunakan lapangan terbuka di wilayah masing-masing RW dan berkoordinasi dengan masjid yang terdekat dengan tetap menjaga jarak.

b. Masjid yang telah di tentukan senantiasa dalam kondisi pintu terbuka dan dengan tetap memperhatikan kapasitas jumlah orang dalam masjid maksimal 50 % dari jumlah sepenuhnya.

c. Menggunakan Ruas Jalan yang Luas dan Terdekat dari Masjid masing-masing Wilayah / RW

Baca Juga: Anggota DPRD Makassar Rezki Sosialisasi Perda Penyelenggaraan Bantuan Hukum



2. Takbir keliling tidak diperbolehkan, dan malam takbir dianjurkan di tempat salat Id yang telah disepakati.

3. Melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dengan menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak);

4. Menetapkan Panitia Pelaksana salat Hari Raya Idul Fitri dengan Menyiapkan petugas lokal pelaksana protokol kesehatan serta membedakan jalur masuk dan jalur keluar jamaah di tempat salat Id terutama di Lapangan / Ruas Jalan serta menyiapkan masker, handsinitizer dan juga Thermogun.



(agn)

halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!