Upaya Tanggap Bencana, Pos Unit Basarnas Bakal Didirikan di Parepare

Minggu, 09 Mei 2021 - 16:04 WIB
loading...
Upaya Tanggap Bencana, Pos Unit Basarnas Bakal Didirikan di Parepare
Pertemuan Kepala Basarnas Makassar, Djunaidi dengan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe terkait rencana pendirian Pos Unit Basarnas di Parepare. Kegiatan tetap menerapkan prokes yang ketat. Foto: Sindonews/Darwiaty Dalle
A A A
PAREPARE - Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Sulawesi Selatan, mewacanakan pendirian pos unit di Kota Parepare, sebagai upaya tanggap bencana di wilayah Ajatappareng.

Hal itu dikemukakan Kepala Kantor Basarnas M akassar, Djunaidi, dalam pertemuan dengan Wali Kota Parepare , Taufan Pawe. Kegiatan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19.

"Pendirian Pos Unit Basarnas di Parepare, sebagai upaya tanggap bencana di wilayah Ajatappareng dan sekitarnya," kata Djunaidi.



Djunaidi mengemukakan, renspons baik dari Pemkot Parepare terkait wacana pendirian pos unit Basarnas , sangat diapresiasi pihaknya. Bahkan, kata dia, Pemkot Parepare telah menyampaikan lokasi di pesisir pantai sebagai Pos Unit Basarnas.

"Jika Pos ini telah terbentuk, maka kita akan turunkan beberapa peralatan berat, termasuk kapal Basarnas. Kita berterimaksih dan sangat apresiasi kepedulian serta renspon pemkot Parepare," tandasnya.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, mengaku menyambut baik keinginan Basarnas untuk mendirikan pos unit di Parepare.

"Kita sambut baik kehadiran Pos Basarnas dan ini sangat ideal, tentu kami partisipasi karena ini demi kemanusiaan," ujar Taufan.

Terkait dengan lokasi pos Basarnas , kata Taufan Pawe, alternatifnya yaitu pemanfaatan gedung UMKM yang berada di pesisir Pantai Mattirotasi.

Menurut Wali Kota dua periode itu, Gedung UMKM merupakan bangunan permanen dengan kontruksi yang baik, hanya saja masih perlu sedikit dibenahi lantaran selama ini tidak terurus.



"Saya minta bagian aset urus proses pinjam pakai Gedung UMKM agar dijadikan sebagai pos Basarnas . Adapun jika ke depan mau dipermanenkan, maka akan dikonsultasikan dengan BPKP," katanya.

Kesiapan Pemkot Parepare menyambut baik rencana pendirian pos unit Basarnas, tambah Taufan, adalah merupakan wujud komitmen pemkot Pareparr jika Parepare membuka diri untuk kerja sama dengan Basarnas dalam misi kemanusian.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)