Sepekan ke Depan, Sulsel Berpotensi Dilanda Cuaca Esktrem

Senin, 10 Mei 2021 - 10:03 WIB
loading...
Sepekan ke Depan, Sulsel Berpotensi Dilanda Cuaca Esktrem
Sulsel berpotensi dilanda cuaca ekstrem sepakan ke depan. Foto: Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Badan Meteorologi Klimatologi ( BMKG ) mengingatkan adanya potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan di beberapa wilayah Indonesia. Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi salah satu daerah yang harus mewaspadai potensi tersebut.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menjelaskan, dari analisis dinamika atmosfer-laut menunjukkan bahwa terdapat aktivitas fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) di wilayah Indonesia yang teramati bersamaan dengan aktifnya fenomena gelombang Ekuatorial lainnya seperti gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial.

Saat ini juga teramati pola sirkulasi siklonik di wilayah Indonesia, yaitu di Laut Sulu dan Papua Barat yang dapat membentuk pertemuan dan perlambatan kecepatan angin.

"Kondisi atmosfer yang masih labil pada skala lokal juga mampu meningkatkan potensi konvektif kuat yang menyebabkan pembentukan awan hujan menjadi lebih intensif di beberapa wilayah Indonesia," katanya, dalam keterangan resmi, Senin (10/5/2021).



Menurut Guswanto, potensi tersebut dapat menimbulkan potensi hujan sedang hingga lebat pada tanggal 10 sampai 12 Mei 2021 di Aceh, Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Lalu pada 13 sampai 15 Mei 2021 berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Dan pada tanggal 16 sampai 17 Mei 2021 berpotensi terjadi Aceh, Kepulauan Riau, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2108 seconds (0.1#10.140)