alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemkab Pangkep Serahkan 10 Rancangan Peraturan Daerah ke DPRD

Muhammad Subhan
Pemkab Pangkep Serahkan 10 Rancangan Peraturan Daerah ke DPRD
Wakil Bupati Kabupaten Pangkep, Syahban Sammana menyerahkan usulan 10 ranperda kepada Ketua DPRD, Muhammad Yusran Lalogau, Senin (27/1/2020). Foto: SINDOnews/Muhammad Subhan

PANGKEP - Pemerintah Kabupaten Pangkep menyerahkan sepuluh rancangan peraturan daerah (ranperda) kepada pihak legislatif. Penyerahan sepuluh ranperda ini dilakukan dalam sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau, Senin (27/1/2020).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana menjelaskan, dari sepuluh ranperda yang diserahkan itu, enam di antaranya ranperda baru. Sementara empat lainnya merupakan ranperda perubahan.

Enam ranperda baru yang diserahkan, yakni tentang Innovasi Daerah, kemudian ranperda tentang Kabupaten Layak Anak, lalu ranperda tentang Tanda Daftar Usaha Kepariwisataan. Ranperda tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Daerah, ranperda tentang Pembentukan Perusahaan Daerah Mappatuwo dan ranperda tentang Rencana Pembagunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Pemukiman.



Sementara empat Ranperda lainnya, yakni tentang Perubahan Atas Perda nomor 8 tahun 2011 tentang IMB. Ranperda tentang Perubahan Atas Perda nomor 4 tahun 2016 tentang Susunan Perangkat Daerah. Ranperda tentang Perubahan Atas Perda nomor 4 tahun 2018 tentang Penyertaan Modal Daerah dan ranperda tentang Perubahan Ketiga Atas Perda tentang nomor tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha.

Syahban mengatakan, kesepuluh ranperda ini diusulkan ke DPRD Pangkep untuk dibahas dan disahkan merupakan kebutuhan pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami berharap, usulan ranperda ini mendapat persetujuan dalam waktu yang tidak terlalu lama,” ujar Syahban.

Syahban mengambil contoh ranperda tentang Inovasi Daerah yang akan memberi peluang bagi ASN maupun instansi berkreativitas dan berkarya untuk terobosan baru untuk mendukung peningkatan kinerja dan pelayanan. Sementara untuk ranperda tentang Kabupaten Layak Anak dibuat sebagai landasan yuridis tanggung jawab pemkab untuk memaksimalkan pemenuhan hak dasar anak di Kabupaten Pangkep.

"Begitu juga dengan ranperda yang lain seperti tentang Penyelenggaraan Panggilan gan Bencana Daerah, Perusda Mappatuwo dan ranperda perumahan dan pemukiman. Semuanya penting bagi daerah ini," pungkasnya.



(man)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook