alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Bupati Takalar Lepas Kapal Ramadhan ACT Sulsel ke Pulau Lantang Peo

Tim SINDOnews
Bupati Takalar Lepas Kapal Ramadhan ACT Sulsel ke Pulau Lantang Peo
Bupati Takalar Syamsari Kitta saat melepas Kapal Ramadhan ACT Sulsel menuju Pulau Lantang Peo. Foto/Istimewa

TAKALAR - Bulan Ramadhan merupakan momen terbaik untuk berbagi dengan saudara yang membutuhkan di pelosok negeri. Terlebih pada masa sulit akibat wabah virus corona alias covid-19. Ikhtiar inilah yang dilakukan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulsel pada Ramadhan 2020 melalui program Kapal Ramadhan.

Kapal Ramadhan yang start dari Dermaga Boddia Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar ini dilepas secara resmi oleh Bupati Takalar, Syamsari Kitta, pada Jumat (22/5/2020). Pelepasan Kapal Ramadhan ini dihadiri Kepala BPBD, Kabag Humas dan Protokol, Kabag Kesra, Camat Galesong, Camat Galesong Utara, Camat Kepulauan Tanakeke, serta perwakilan dari Dandim 1426 Takalar.

Baca Juga: ACT: Zakat Efektif Bantu Kondisi Pangan Masyarakat Terdampak Covid-19



Kapal Ramadhan ACT ini akan melakukan aksi sosial dengan tujuan yakni wilayah tepian Indonesia Timur. Salah satunya yakni Pulau Lantang Peo di Kecamatan Tanakeke, Kabupaten Takalar. Di daerah itu, ACT Sulsel akan membagikan 100 paket pangan.

Bupati Takalar, Syamsari Kitta, dalam sambutannya menyampaikan Pulau Lantang Peo masuk dalam wilayah Kecamatan Tanakeke. Seperti halnya daerah lain, Pulau Lantang Peo pun tengah berupaya mencegah penyebaran virus corona. Di Kecamatan Tanakeke, kata dia, pada umumnya masyarakat desa cukup bertanggungjawab dalam menekan penyebaran covid-19.

"Pemerintah di tengah pandemi virus corona berusaha menyantuni masyarakat tidak mampu melalui dana desa ditambah dana kabupaten dengan total Rp10 miliar untuk pendistribusian bahan pokok ke masyarakat yang rentan," jelas Syamsari.

Diakui dia, anggaran sebesar itu tidak akan cukup mengingat besarnya dampak yang ditimbulkan covid-19. Namun, anggaran yang dialokasi itu merupakan wujud perhatian pemerintah kepada masyarakat. "Dengan kehadiran ACT tentu turut membantu pemerintah untuk memberikan rasa empati dan memberikan apa yang bisa disumbangkan," ujar dia.

Baca Juga: Tekan Penyebaran Virus Corona, Pemkab Takalar Tiadakan Salat Id di Masjid

Syamsari pada kesempatan itu juga mengapresiasi sekaligus berterimakasih atas perhatian ACT yang telah meluangkan waktu untuk menjangkau daerah terluar dari Kabupaten Takalar.

Sementara itu, Miswar selaku Marketing ACT Sulsel menyampaikan bantuan kemanusiaan melalui program Kapal Ramadhan ini memasuki tahun kedua. "Kali ini kami kembali berbagi kebahagiaan dengan membawa 100 paket sembako untuk dibagikan ke saudara kita di Pulau Lantang Peo, dimana tahun sebelumnya kami juga telah menyambangi di pulau yang sama dengan harapan dapat mengurangi beban kebutuhan sehari-hari mereka," tutup dia.



(tri)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak