alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jika Temukan Tanda Ini, Mungkin Temanmu Ingin Bunuh Diri, Cegah!

Sri S Syam
Jika Temukan Tanda Ini, Mungkin Temanmu Ingin Bunuh Diri, Cegah!
Perasaan tertekan yang sudah cukup lama biasanya menimbulkan keinginan untuk menyakiti diri bahkan bunuh diri. Foto : Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Perasaan tertekan yang sudah cukup lama biasanya menimbulkan keinginan untuk menyakiti diri bahkan bunuh diri. Meski tampak sehat secara fisik namun, sebenarnya mentalnya sedang sangat down.

Orang-orang seperti ini butuh perhatian khusus agar niat bunuh diri bisa dicegah. Sejumlah tanda umum mereka yang bunuh diri diurai dibawah ini, dilansir dari berbagai sumber.

1. Bicara Ingin Bunuh Diri
Jika seseorang yang kamu kenal mengatakan ia ingin menyakiti dirinya atau bahkan terang-terangan ingin bunuh diri dengan konteks pembicaraan yang serius, jangan anggap remeh. Jangan biarkan Ia sendirian dan lebih baik tenangkan dan ajak bicara.



2. Diagnosis Bipolar atau Depresi
Seseorang dengan diangnosa bipolar dan depresi sangat rentan memiliki pemikiran ingin bunuh diri. Orang yang mengalaminya akan berpikir tidak ada harapan untuk hidup dan kehilangan keinginan untuk hidup. Maka itu cegah dengan mengajaknya selalu berbicara dari hati ke hati.

3. Selalu Diliputi Perasaan Bersalah
Menurut Profesor epidemiologi klinis di psikiatri di Columbia University Medical Center, Madelyn Gould, perasaan bersalah membuat seseorang tak pantas hidup dan ini adalah gejala umum depresi dan kecemasan. Perasaan bersalah bisa memicu orang bunuh diri.

4. Peminum dan Pemakai Narkoba
Terkadang orang mencari pelampiasan rasa kesal dan stres dengan minum atau menggunakan obat-obatan terlarang. Mereka biasanya punya resiko lebih tinggi berfikir bunuh diri sebab jarang berfikir jernih.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook