TOPIK TERPOPULER

Gerakan Amal Komitmen Berantas Buta Aksara Alquran

Ashari Prawira Negara
Gerakan Amal Komitmen Berantas Buta Aksara Alquran
Anggota Gerakan Amal menyerahkan bantuan Alquran kepada salah satu pengelola masjid beberapa waktu yang lalu. Foto: Istimewa

GOWA - Gerakan Amal kini hadir sebagai salah satu lembaga profesional yang bergerak sebagai penyalur dan pengelola bantuan peduli dari umat muslim Indonesia.

Penggagas Gerakan Amal, Ustaz Rio Al Fatih mengatakan, Gerakan Amal selain bergerak di bidang wakaf, infak dan sedekah, juga fokus dalam pendidikan Alquran dalam menuntaskan buta aksara.

Baca juga: Tiga Komunitas Pesepeda Makassar Kolaborasi Gelar Baksos

"Gerakan amal sangat fokus di dalam wakaf terutama pendidikan dan Alquran. Angka kebutuhan Alquran adalah 2 juta eksemplar dan baru 2% terpenuh. Kebutuhan Alquran kian meningkat di pelosok yang belum terakomodir oleh pemerintah. Ini sangat berdampak," katanya, Selasa (11/5).

"Angka buta huruf (Alquran) 60% dari total kaum muslimin, ini PR bagi kita semua. Begitu juga dalam pendidikan banyak generasi bangsa kita putus sekolah. Akidah mereka sangat rawan tercemar," lanjutnya.



Hingga saat ini sudah cukup banyak bantuan yang telah masuk dan secara konsisten dikelola dengan baik oleh lembaga.

Baca juga: Komplotan Jambret di Gowa Rampas HP Kakak Teman Demi Beli Baju Lebaran

Semisal wakaf lahan oleh masyarakat dermawan di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Pihaknya saat ini tengah merencanakan pembangunan pesantren yang nantinya akan digratiskan bagi masyarakat.

Demikian pula di Sulsel yang menjadi projek kedua. Pihaknya saat ini juga telah melakukan peninjauan langsung lahan wakaf seluas 510 meter dari masyarakat di Kabupaten Pangkep yang juga rencana akan dijadikan pesantren tahfiz gratis bagi masyarakat.

"Landasan dari gerakan amal itu kita mengacu pada Surah Al-Maidah ayat 2, dan tolong menolong dalam kebaikan dan jangan tolong menolong dam keburukan. Orang islam itu bersikap ramah dan sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat sesama manusia," ujarnya.



Baca juga: Baznas Pangkep Mulai Salurkan Zakat ke Mustahik

Masyarakat yang berkenan dipersilahkan untuk menghubungi Ust Rio secara langsung di 085696086215 atau dapat datang langsung di kantor cabang Makassar di Jalan Poros Malino Buta Didia No 18, Kelurahan Mawang Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Sementara kantor pusat berada di Jalan Matahari No 26, Sudimara Pinang, Kota Tanggerang.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!