alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Warga Kecewa Usulan dalam Musrenbang Tak Diprogramkan

Muhammad Subhan
Warga Kecewa Usulan dalam Musrenbang Tak Diprogramkan
Warga Pangkep kecewa karena usulan mereka di Musrenbang tidak diakomodir. Foto: Ilustrasi

PANGKEP - Warga Kelurahan Bontoa, Kecamatan Minasatene, Pangkep kecewa karena usulan mereka dalam Musrenbang 2019 tak satu pun yang diakomodir dalam APBD 2020.

Mereka mengaku rugi meluangkan waktunya demi musrenbang, namun usulan mereka hanya dicatat dan tak terwujud.

Hal itu disampaikan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Bontoa, Sol Ahmad. Ia menyebutkan diantara usulan warga tersebut yaitu pembangunan tanggul sungai di Kampung Saile yang longsor beberapa waktu lalu, serta pembangunan jalan di dua kampung terpencil yaitu Buung dan Bakka tak satu pun yang masuk dalam APBD.



"Kami juga minta drainase di kampung Bontoa dalam dan Bontoa luar tapi tidak ada satu pun yang dianggarkan APBD tahun ini," kata Sol Ahmad, Selasa (28/1/2020).

"Secara pribadi dan seluruh masyarakat kecewa. Capek kita Musrenbang, tinggalkan pekerjaan tapi tidak diakomodir, tidak direalisasikan oleh pemerintah," lanjutnya.

Kekecewaan warga tersebut juga disampaikan Lurah Bontoa, Sachram. Menurutnya, beberapa hari lalu ia telah menerima jadwal pelaksanaan Musrenbang tahun ini. Jadwal tersebut ia bagikan ke masyarakat untuk hadir, tapi sebagian masyarakat mengaku enggan hadir sebab kecewa usulan mereka tak diterima.

"Saya sudah sampaikan ajak warga untuk hadir, tapi mereka bilang percuma karena aspirasi mereka tak dipedulikan ditingkat kabupaten," ucapnya.

Meski begitu, Sachram tetap akan menggelar Musrenbang tingkat kelurahan. "Jadwalnya sudah ada dari Bappeda, kami akan tetap gelar Musrenbang," katanya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Pangkep, Abdul Gaffar menjelaskan soal tidak terakomodirnya usulan warga dalam APBD. Menurutnya, penurunan anggaran sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Tata Ruang karena berkurangnya jatah dana perimbangan dari pusat.

"Sumber utama anggaran proyek itu dari dana perimbangan yang tahun ini berkurang sekitar 30 persen sehingga tidak semua hasil musrenbang bisa diakomodir," jelasnya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook