alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pertamina MOR VII Gelar HSSE Ewako Day

Suwarny Dammar
Pertamina MOR VII Gelar HSSE Ewako Day
Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII menggelar Health, Safety, Security and Environment (HSSE) Ewako Day, di Kantornya Jalan Garuda Makassar. Foto: SINDOnews/Suwarny Dammar

MAKASSAR - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII menggelar Health, Safety, Security and Environment (HSSE) Ewako Day, di kantornya Jalan Garuda Makassar, Selasa (28/1/2020).

Kegiatan itu digelar sebagai rangkaian memperingati bulan K3 Tahun 2020 yang mengangkat tema “Tingkatkan Kompetensi Pengelolaan Risiko HSSE untuk Membangun Budaya HSSE, Meningkatkan Daya Saing Perusahaan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Mewujudkan Business Sustainability”.

Hadir membuka kegiatan tersebut Pjs. GM MOR VII Sulawesi, Tjahjo Pudji Rahmanto.



Unit Manager Communication & CSR Marketing Operation Region (MOR) VII, Hatim Ilwan mengatakan, potensi risiko di Pertamina cukup tinggi, utamanya keselamatan kerja. Makanya, sedini mungkin dilakukan mitigasi atas hal tersebut dengan mengedepankan fungsi HSSE.

Fungsi HSSE inilah, kata dia, yang memastikan dan memanagerial di seluruh operasional Pertamina MOR VII semua berjalan sesuai standarnya.

Makanya, HSSE Ewako Day yang telah memasuki tahun ke empat penyelenggaraannya dikemas lebih ringan, namun pesannya ke pekerja untuk senantiasa menjaga keselamatan dan resiko dapat diserap.

“Semua berawal dari aware atau kepedulian, jika peduli tentu mereka akan selalu mengingat betapa pentingnya menjaga keselamatan dalam lingkungan kerjanya. Tentunya, semua ini diharapkan tidak saja diterapkan karyawan di internal perusahaan, tapi juga disekitar operasional baik di TBBM, DPPU hingga masyarakat umum,” ujarnya.

Hatim menyebutkan, beberapa kegiatana HSSE dilakukan seperti, games electrical wiring and installation, tank erection (lifting operation), confine space rescue & medical evakuasi, oil spill response & control serta fire & security combat.

Hatim menjelaskan, pada kegiatan ini mereka yang ikut berpartisipasi berasal dari pekerja lokasi, pekerja fungsi, kontraktor high risk, anak perusahaan dan SPBU. Di mana mereka memang memiliki resiko tinggi dalam bekerja sehingga penting untuk senantiasa menjaga keselamatan.

Ia menambahkan, sangat disyukuri dari tahun ke tahun MOR VII telah menerapkan prinsip kerja zero accident. Tentunya, ini kata dia akan terus dipertahankan sehingga prinsip HSSE dapat berjalan maksimal.



(man)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook