alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Baru Sebulan Menghirup Udara Bebas, Sapto Kembali Masuk Penjara

Faisal Mustafa
Baru Sebulan Menghirup Udara Bebas, Sapto Kembali Masuk Penjara
Sapto Prabowo (tengah) kembali berurusan dengan polisi. Padahal dia baru saja keluar dari penjara. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Seorang pria bernama Sapto Prabowo, 21 tahun, ditahan tim Resmob Polsek Panakkukang. Sapto ditahan atas dugaan pencurian kendaraan bermotor di beberapa indekos yang ada di Kota Makassar.

Sapto diamankan pada Senin (27/1/2020). Warga Jalan Muh Yamin, Kecamatan Makassar itu diamankan saat Resmob Polsek Panakkukang melakukan patroli di Jalan AP Pettarani.

Saat itu, Sapto memperlihatkan gerak-gerik mencurigakan bahkan berusaha menggeber motornya.



Kapolsek Panakkukang, Kompol Jamal Fatur Rahman mengatakan, upaya penangkapan Sapto sempat diwarnai aksi kejar-kejaran. Walaupun pada akhirnya, Sapto berhasil dibekuk.

"Setelah diberhentikan anggota, diinterogasi pelaku ternyata merupakan pencuri motor yang sempat viral di sosial media karena sempat terekam kamera CCTV di kos Pondok Ahriani di Jalan Cilallang, Kecamatan Rappocini," papar Jamal, kepada wartawan Selasa (28/1/2020).

Jamal menuturkan, Sapto mengaku baru menjalani masa tahanan di Lembaga Pemasyarakatan Makassar dalam kasus pencurian dengan kekerasan. Sapto menghirup udara segar Desember tahun lalu.

Di hadapan petugas, Sapto mengaku telah mencuri sepeda motor di beberapa lokasi di Kota Makassar, seperti Jalan Abdullah Dg Sirua, Kecamatan Panakkukang dan wilayah Polsek Rappocini yang terekam CCTV hingga viral di sosial media.

"Sepeda motor ini dijual kepada seseorang dengan harga bervariasi yakni Rp1,2 juta hingga Rp1,8 juta. Setiap beraksi, Prabowo ini tidak sendiri melainkan bersama beberapa rekannya yang telah dikantongi identitasnya dan kini masih buron," jelasnya.

Setelah berkoordinasi dengan Polsek Rappocini, tim Resmob Polsek Panakkukang yang dipimpin Ipda Roberth Harianto Siga turut mengamankan penadahnya bernama Aco, 18 tahun. Petugas juga masih mencari dua rekan Sapto berinisial Rn dan Ek.

Kini Sapto terancam kembali meringkuk di tahanan Lapas dengan dua laporan polisi masing- LP Nomor Aduan / 25 / I / 2020 Sek Kukang, kerugian motor Mio M3 di Jalan Abdullah Daeng Sirua. Dan, Aduan / 94 / I / 2020 / Sek Rappocini kerugian unit motor Yamaha Mio J Merah Hitam, Jalan Cilallang 43.

"Untuk penadahnya (Aco) kami serahkan ke Polsek Rappocini. Sapto sementara kita bakal jerat Pasal 363 KUHP, dengan ancaman pidana penjara paling lama tujuh tahun," pungkas Kompol Jamal.



(man)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook