alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Figur Wakil Jadi Alasan Nasdem Tahan Rekomendasi untuk 7 Daerah di Sulsel

Muhaimin Sunusi
Figur Wakil Jadi Alasan Nasdem Tahan Rekomendasi untuk 7 Daerah di Sulsel
Bakal calon kepala daerah menerima rekomendasi usungan dari Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh, Minggu (26/1/2020). Foto: SINDOnews/Muhaimin Sunusi

MAKASSAR - Partai Nasdem telah menerbitkan rekomendasi usungan calon maupun pasangan calon pada pilkada 2020 untuk lima daerah di Sulsel. Sementara tujuh daerah lainnya masih ditahan.

Diketahui, tujuh daerah yang rekomendasinya belum terbit yakni Kota Makassar, Pangkep, Selayar, Luwu Utara, Luwu Timur, Bulukumba dan Barru.

Sekretaris DPW Nasdem Sulsel, Syaharuddin Alrif mengatakan, salah satu alasan masih ditahannya rekomendasi usungan untuk tujuh daerah ini karena persoalan wakil. Kata Syaharuddin, Nasdem tengah menggodok calon wakil di tujuh daerah ini.



"Kami masih menunggu komunikasi dari partai-partai yang lain. Yang kedua, kami juga menunggu hasil komunikasi penentuan calon wakil. Kami menganggap harus menunggu momen yang pas untuk tujuh daerah ini," kata Syahar saat ditemui di DPRD Sulsel, Selasa (28/1/2020).

Nasdem punya kader yang akan maju bertarung di tujuh daerah tersebut. Di antaranya Muhammad Yusran Lalogau (Pangkep), Thahar Rum (Luwu Utara), Irwan Bachri Syam (Luwu Timur), Tomy Satria Yulianto (Bulukumba) dan Suardi Saleh (Barru). Adapun di Makassar masih berkutat di dua nama yakni Danny Pomanto dan Irman Yasin Limpo atau None.

Khusus di Barru, Nasdem telah mengeluarkan rekomendasi untuk Bupati Suardi Saleh. Sekali pun Ketua DPD Nasdem Barru tersebut belum menentukan wakil.

Hanya saja Syahar mengklaim, wakil Suardi sebenarnya sudah ada. Namun akan diumumkan bertepatan dengan diterbitkannya surat keputusan DPP Nasdem untuk mendaftar di KPU.

"Wakil sudah ok. Tapi masih ada tahapan berikutnya. Setelah rekomendasi ini, tahapan selanjutnya ialah surat keputusan untuk mendaftar di KPU," ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Sulsel ini menargetkan, penggodokan pasangan dan surat keputusan DPP Nasdem untuk daerah yang tersisa akan rampung dalam waktu dekat. Paling lambat Maret mendatang.

"Insyaallah, Nasdem bisa cepat selesai. Dan harapannya memang, kita harus percepat," tandas Syahar.

Sebelumnya diberitakan, Nasdem mengeluarkan rekomendasi usungan kepada empat bakal pasangan calon (paslon) kepala daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk pilkada 2020.

Bakal paslon yang menerima rekomendasi tersebut yakni Andi Harmil Mattotorang-Andi Ilham Najamuddin (Maros), dan Kaswadi Razak-Lutfie Halide (Soppeng). Kemudian Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara (Tana Toraja) dan Yosia Rinto Kadang dan Yonathan Pasodung (Toraja Utara).

Sementara di Barru, Nasdem menerbitkan rekomendasi untuk Suardi Saleh.



(man)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook