TOPIK TERPOPULER

Dewan Desak Pemkot Makassar Tuntaskan Masalah Air Bersih di Wilayah Timur Kota

Vivi Riski Indriani
Dewan Desak Pemkot Makassar Tuntaskan Masalah Air Bersih di Wilayah Timur Kota
Anggota DPRD Makassar, Nunung Dasniar. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Krisis air bersih di wilayah timur Kota Makassar masih menjadi masalah klasik. Anggota DPRD Makassar, Nunung Dasniar mendesak pemerintah kota untuk menuntaskan persoalan air bersih, khususnya di Kecamatan Biringkanaya dan Tamalanrea.

Nunung mengaku sering mendapat keluhan dari warga sekitar terkait krisis air bersih di dua wilayah tersebut. Dia bahkan mengancam dan mengajak masyarakat untuk menduduki kantor PDAM Makassar jika persoalan ini tak juga dituntaskan hingga 2023 mendatang.

Baca juga: Masyarakat Kurang Mampu di Makassar Difasilitasi Bantuan Hukum

"Jika di tahun 2023 persoalan air bersih tak tuntas di Biringkanaya dan Tamalanrea, maka saya dan warga akan ancam duduki kantor PDAM," tegas Nunung di sela-sela Sosialisasi Perda 7/2019 tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kota Makassar, Selasa (11/5).

Legislator Partai Gerindra itu mengaku prihatin sebab ketersediaan air bersih belum bisa dinikmati semua masyarakat Kota Makassar. Khususnya di wilayah timur kota. Apalagi, air bersih merupakan kebutuhan pokok masyarakat.



"Saya prihatin jika persoalan ini belum tersentuh maksimal ke masyarakat. Saya saja kegerahan kalau bukan air bersih dipakai, belum lagi dampak yang ditimbulkan adanya pengadaan sumur bor secara masif ini bisa merusak lingkungan," ujar dia.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Makassar Bawa Bantuan Keluarga ke Penderita Gizi Buruk

Terkait ancaman dewan, Kasi Pengawasan Teknik PDAM Makassar, Ashari Rangkuti menegaskan bahwa pihaknya terus berbenah untuk meminimalisir pelanggan di Kecamatan Biringkanaya dan Tamalanrea yang tidak mendapatkan air bersih.

"Untuk jangka pendek kami telah melakukan perbaikan pompa pada booster di wilayah Kima guna memperbaiki distribusi air ke daerah Biringkanaya dan Tamalanrea," tutup dia.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!