Menu Lebaran Bikin Kolesterol Naik, Begini Cara Menurunkannya!

Kamis, 13 Mei 2021 - 20:35 WIB
loading...
Menu Lebaran Bikin Kolesterol Naik, Begini Cara Menurunkannya!
Awas, menu lebaran yang berlemak bisa membuat kolesterol naik. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Hari Raya Idul Fitri identik dengan makanan khas yang memikat selera, mulai dari opor ayam, rendang, gulai hingga sambal goreng. Perlu diketahui, makanan tersebut banyak mengandung santan dan minyak. Penting untuk membatasinya dan jangan sampai makan berlebihan.

Physician Nutrition Specialist, dr Louise Kartika SpGK mengtakan makanan khas lebaran identik dengan kandungan kolesterolnya tinggi , seperti daging merah, daging kambing, sapi, jeroan, mentega, margarin kemudian seafood seperti cumi, kepiting, kerang, atau susu full cream, kue kering, pastry atau donat.

“Itu semua bisa memicu, Cara menurunkan kadar kolsterol, jangan dimakan berlebihan, saat makan dibarengi oleh serat, dari sayur buah, rekomendasi serat ini 25-30 gram per hari, misalnya siang sudah makan makanan khas lebaran kemudian kurang sayur, malam harinya jangan lupa serat, sayur dan buahnya di banyakin,” ujar dr Louise dalam Live Instagram beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Masih Pandemi, Yuk Rayakan Idul Fitri dengan Silahturahmi Virtual!

Ia menekankan penting setelah lebaran, kembali ke pola makan diet gizi seimbang dan tetap batasi sumber kolesterol.

“Menggunakan minyak zaitun , canola atau minyak kedelai, sementara yang kelebihan berat badan bisa dengan diet kalori defisit dan olahraga,” terang dr Louise.

Ia menambahkan, sebaiknya batasi asupan lemak jenuh yang berasal dari minyak trans dan minyak kelapa sawit, karena salah satu sumber lemak trans yang kita konsumsi sehari-hari adalah dari minyak goreng yang tinggi lemak jenuh.

Baca Juga : Waspada Stroke saat Lebaran, Kenali Faktor Risiko dan Penanganannya

“Minyak goreng juga tidak boleh digunakan berulang untuk memasak dan menggoreng karena lemaknya akan berkumpul dan bercampur jadi semakin jenuh minyaknya, sebaiknya tidak dipakai lagi setelah menggoreng,” papar dr Louise.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5565 seconds (0.1#10.140)